Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun

Wijayanti, Wenny and Djokowidodo, Agustinus (2019) Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun. Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun, 2 (2). pp. 81-98. ISSN p-ISSN 2621-3257, e-ISSN 2621-2900, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4

[thumbnail of Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun] Text (Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun)
1-Persepsi_peserta_didik_.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun_peer_review] Text (Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun_peer_review)
1-R1&2_Persepsi_peserta_didik_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun] Text (Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun)
3-Kemampuan_berbahasa_Hasil_Cek_Similarity_.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran bentuk tuturan yang mengarah pada kekerasan verbal sudah sering ditemukan.Meskipun kekerasan verbal tidak berdampak pada kerusakan fisik, tetapi berakibat pada luka psikis bagi korbannya.Persepsi peserta didik terhadap kekerasan verbal yang dialami pun juga bermacam-macam, sehingga diharapkan dalam kegiatan pembelajaran tidak terjadi kekerasan baik itu kekerasan verbal maupun kekerasan fisik. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kekerasan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik, mendeskripsikan faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan verbal berdasarkan persepsi peserta didik.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan data penelitian ini berupa hasil angket.Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat diketahui bahwa bentuk kekerasan verbal yang dilakukan oleh guru bermacam-macam antara lain mengancam, memarahi, mengumpat, memaki, dan sebagainya. Faktor yang mempengaruhi kekerasan verbal tersebut berasal dari peserta didik dan guru, Faktor peserta didik yang paling banyak mempengaruhi terjadinya kekerasan verbal dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4
Uncontrolled Keywords: Kekerasan verbal, peserta didik, pembelajaran, persepsi
Subjects: Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:03
Last Modified: 25 Oct 2021 05:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25962

Actions (login required)

View Item View Item