Analisis ketersediaan obat berdasarkan indikator mutu ketersediaan obat di Rumah Sakit Fatima Ketapang, Kalimantan Barat

Tina, Maria Paula (2021) Analisis ketersediaan obat berdasarkan indikator mutu ketersediaan obat di Rumah Sakit Fatima Ketapang, Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Maria Paula Tina.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Maria Paula.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Maria Paula.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Maria Paula.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Maria Paula.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 - Maria Paula.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Maria Paula.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Ketersediaan obat pada unit Pelayanan Kesehatan sangat mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan. Karena itu perlu adanya pengelolaan obat yang baik yang bertujuan menjamin kelangsungan ketersediaan dan keterjangkauan pelayanan obat yang efisien, efektif dan rasional. Pengendalian mutu Pelayanan Kefarmasian merupakan kegiatan yang dapat dilakukan terhadap kegiatan yang sedang berjalan maupun yang sudah berlalu. Kegiatan ini dapat dilakukan melalui monitoring dan evaluasi untuk menjamin Pelayanan Kefarmasian yang sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan upaya perbaikan kegiatan yang akan datang. Pengendalian mutu Pelayanan Kefarmasian harus terintegrasi dengan program pengendalian mutu pelayanan kesehatan Rumah Sakit yang dilaksanakan secara berkesinambungan. Dampak dari tidak terlayaninya resep karena sediaan di Instalasi Farmasi kosong adalah kemungkinan pasien tidak dapat mendapatkan obat yang dibutuhkan sehingga proses pengobatan pasien tertunda. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui apakah ketersediaan obat di Rumah Sakit Fatima memenuhi persyaratan Indikator Mutu Rumah Sakit Fatima dan untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi proses pengadaan obat berdasarkan indikator Mutu Rumah Sakit Fatima ketapang Kalimantan Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimental dengan sifat analitik menggunakan data resep dari Instalasi Rawat Inap dan Instalasi Rawat Jalan yang masuk ke Instalasi Farmasi pada periode bulan Februari 2020 – April 2020. Hasil penelitian yang diperoleh disesuaikan terhadap Kamus Indikator Mutu pelayanan Ketersediaan obat, dimana pada bulan Februari 2020 diperoleh hasil sebesar 97,75%, pada bulan Maret 2020 diperoleh hasil sebesar 97,55% dan pada bulan April 2020 diperoleh hasil sebesar 91,67%. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengadaan obat pengiriman obat lama mengingat Rumah Sakit berada di daerah, obat kosong di distributor dan Instalasi Farmasi tidak melakukan stok opname.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Surdijati, Siti
NIDN9907158533
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Ana, Maria Fatima
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: indikator mutu, ketersediaan obat, rumah sakit
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Josefine Hira Eksi
Date Deposited: 23 Aug 2021 09:08
Last Modified: 23 Aug 2021 09:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25886

Actions (login required)

View Item View Item