Studi literatur persepsi pasien penyakit jantung terhadap pelayanan farmasi di komunitas

Gratia, Agustina Oyenita (2021) Studi literatur persepsi pasien penyakit jantung terhadap pelayanan farmasi di komunitas. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Agustinaoyenita gratia.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Agustinaoyenita gratia.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Agustinaoyenita gratia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Agustinaoyenita gratia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Agustinaoyenita gratia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 - Agustinaoyenita gratia.pdf

Download (176kB)

Abstract

Farmasi komunitas dikenal sebagai health care settings yang paling mudah dijangkau karena banyak orang yang menggunakan jasa mereka. Ada potensi bagi farmasi komunitas untuk memainkan peran kunci dalam pengurangan risiko kardiovaskular dan pencegahan kardiovaskular melalui penggunaan promosi kesehatan, skrining risiko kardiovaskular, dan peningkatan manajemen terapeutik. Pelayanan yang bermutu memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat sehingga masyarakat akan memberikan persepsi yang baik terhadap apotek. Persepsi tersebut berguna sebagai bahan evaluasi apotek dan dijadikan dasar perencanaan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan apotek. Tujuan dari studi literatur ini adalah untuk mengkaji persepsi pasien penyakit jantung terhadap pelayanan farmasi di komunitas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimental dengan pendekatan studi literatur. Studi literatur yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah traditional review. Kajian literatur dilaksanakan mulai dari November sampai dengan Desember 2020 menggunakan database PubMed, Google Scholar, Directory Open Access Journal (DOAJ), dan Sciencedirect. Pada studi literatur ini, digunakan 12 artikel dengan subjek penelitian rata-rata berusia ≥18 tahun sampai dengan 85 tahun dan sudah terdiagnosis penyakit kardiovaskular. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa persepsi pasien penyakit jantung terhadap pelayanan farmasi di komunitas secara garis besar adalah bahwa farmasi komunitas mudah dijangkau, tidak butuh waktu yang lama untuk mendapat obat yang sudah diresepkan, intervensi seperti edukasi terkait manajemen terapi dan pemberian informasi obat yang lengkap dapat meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pengobatan, perlu adanya peningkatan terkait ketersediaan obat di apotek yang masih kurang memadai. Secara keseluruhan pelayanan kefarmasian yang diinginkan pasien lebih dominan pada kebutuhan akan konseling dan pemberian informasi obat yang lengkap dari apoteker.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Setiawan, Monica Widyawati
NIDN0702124801
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Setiadi, Diga Albrian
NIDN0710069005
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi pasien, penyakit jantung, pelayanan kefarmasian, farmasi komunitas
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Josefine Hira Eksi
Date Deposited: 23 Aug 2021 08:27
Last Modified: 23 Aug 2021 08:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25885

Actions (login required)

View Item View Item