Gratia, Agustina Oyenita (2021) Studi literatur persepsi pasien penyakit jantung terhadap pelayanan farmasi di komunitas. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Agustinaoyenita gratia.pdf Download (495kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1 - Agustinaoyenita gratia.pdf Download (42kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2 - Agustinaoyenita gratia.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3 - Agustinaoyenita gratia.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4 - Agustinaoyenita gratia.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5 - Agustinaoyenita gratia.pdf Download (176kB) |
Abstract
Farmasi komunitas dikenal sebagai health care settings yang paling mudah dijangkau karena banyak orang yang menggunakan jasa mereka. Ada potensi bagi farmasi komunitas untuk memainkan peran kunci dalam pengurangan risiko kardiovaskular dan pencegahan kardiovaskular melalui penggunaan promosi kesehatan, skrining risiko kardiovaskular, dan peningkatan manajemen terapeutik. Pelayanan yang bermutu memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat sehingga masyarakat akan memberikan persepsi yang baik terhadap apotek. Persepsi tersebut berguna sebagai bahan evaluasi apotek dan dijadikan dasar perencanaan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan apotek. Tujuan dari studi literatur ini adalah untuk mengkaji persepsi pasien penyakit jantung terhadap pelayanan farmasi di komunitas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimental dengan pendekatan studi literatur. Studi literatur yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah traditional review. Kajian literatur dilaksanakan mulai dari November sampai dengan Desember 2020 menggunakan database PubMed, Google Scholar, Directory Open Access Journal (DOAJ), dan Sciencedirect. Pada studi literatur ini, digunakan 12 artikel dengan subjek penelitian rata-rata berusia ≥18 tahun sampai dengan 85 tahun dan sudah terdiagnosis penyakit kardiovaskular. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa persepsi pasien penyakit jantung terhadap pelayanan farmasi di komunitas secara garis besar adalah bahwa farmasi komunitas mudah dijangkau, tidak butuh waktu yang lama untuk mendapat obat yang sudah diresepkan, intervensi seperti edukasi terkait manajemen terapi dan pemberian informasi obat yang lengkap dapat meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pengobatan, perlu adanya peningkatan terkait ketersediaan obat di apotek yang masih kurang memadai. Secara keseluruhan pelayanan kefarmasian yang diinginkan pasien lebih dominan pada kebutuhan akan konseling dan pemberian informasi obat yang lengkap dari apoteker.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Farmasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Setiawan, Monica Widyawati NIDN0702124801 UNSPECIFIED Thesis advisor Setiadi, Diga Albrian NIDN0710069005 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi pasien, penyakit jantung, pelayanan kefarmasian, farmasi komunitas |
Subjects: | Pharmacy |
Divisions: | Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program |
Depositing User: | Josefine Hira Eksi |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 08:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 08:27 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25885 |
Actions (login required)
View Item |