Studi kasus penerapan media pembelajaran dalam pengenalan angka selama pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun di TK Santa Theresia Surabaya

Taelagat, Rencia Renty (2021) Studi kasus penerapan media pembelajaran dalam pengenalan angka selama pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun di TK Santa Theresia Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak_Rencia.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I_Rencia.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II_Rencia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III_Rencia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV_Rencia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V_Rencia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI_Rencia.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_Rencia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran pengenalan angka selama pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun di TKK Santa Theresia Surabaya. Anak usia dini yang merupakan anak yang berada pada usia emas (golden ege) perlu untuk di berikan stimulus yang tepat. Untuk itu orang tua maupun guru perlu memperhatikan setiap stimulus yang diberikan supaya perkembangan kemampuan anak dapat optimal. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu perkembangan anak terutama penerapan media pembelajaran pengenalan angka harus dilakukan dengan menggunakan media agar kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun dapat berkembang secara optimal. Media pembelajaran dalam pengenalan angka adalah alat yang digunakan baik oleh penddidik maupun peserta didik untuk membantu anak memperoleh pengetahuan terutama pengenalan angka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan melalui media zoom dan melalui video pembelajaran. Teknik wawancara dilakukan secara terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara, teknik dokumentasi diperoleh melalui RPPH dengan analisis data yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran pengenalan angka belum sesuai dengan tahap usia anak serta media yang digunakan lebih banyak menggunakan media terdekat anak yaitu jari dan bukan media yang dibuat oleh guru sendiri. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan lebih banyak dalam bentuk penugasan seperti menghitung gambar, menulis angka dan memberi nomor pada gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Cresensia Dina C.K.
NIDN0713058904
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan media pembelajaran pengenalan angka, kemampuan matematika.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 20 Aug 2021 00:46
Last Modified: 20 Aug 2021 00:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25783

Actions (login required)

View Item View Item