Isolasi dan karakterisasi fungi endofit daun jelatang (Laportea interrupta L.) Yang mempunyai aktivitas antibakteri terhadap bakteri Escherichia coli ATCC 8739

Listya, Mentari (2021) Isolasi dan karakterisasi fungi endofit daun jelatang (Laportea interrupta L.) Yang mempunyai aktivitas antibakteri terhadap bakteri Escherichia coli ATCC 8739. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Mentari Listya.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Mentari Listya.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Mentari Listya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Mentari Listya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Mentari Listya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 - Mentari Listya.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Mentari Listya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy

Abstract

Mikroba endofit adalah mikroorganisme yang mempunyai habitat hidup di dalam organ tanaman tanpa menyebabkan efek negatif langsung dan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi, menguji aktivitas antibakteri dan mengkarakterisasi fungi endofit yang diperoleh dari daun tanaman jelatang (Laportea interrupta L.). Proses isolasi dilakukan dengan cara menempelkan potongan daun tanaman jelatang yang telah disterilisasi permukaannya dengan alkohol 70% dan NaOCl 5,3% pada media Sabouraud Dextrose Agar. Terdapat 13 fungi endofit yang dapat diisolasi dari daun tanaman jelatang. Fungi endofit yang diperoleh diuji aktivitas antibakterinya terhadap bakteri Escherichia coli ATCC 8739 dengan metode inokulasi langsung menggunakan media Plate Count Agar. Dari hasil pengujian didapatkan hasil adanya aktivitas antibakteri dari LI 1 terhadap bakteri Escherichia coli ATCC 8739 dengan rasio DHP sebesar 1,6. Karakterisasi fungi endofit yang dilakukan meliputi pengamatan makroskopis, mikroskopis dan uji biokimia (uji hidrolisa amilum, uji hidrolisa kasein dan uji hidrolisa lemak). Dari hasil pengamatan makroskopis, mikroskopis dan uji biokimia diduga LI 1, LI 2, dan LI 8 termasuk dalam genus Aspergillus, LI 3 diduga termasuk dalam genus Penicillium, LI 4 diduga termasuk dalam genus Candida, LI 5 diduga termasuk dalam genus Coprinus, LI 6 diduga termasuk dalam genus Colletotrichum, LI 7 diduga termasuk dalam genus Chaetomium, LI 9 diduga termasuk dalam genus Massarina, LI 10 diduga termasuk dalam genus Oedocephalum, LI 11 diduga termasuk dalam genus Aureobasidium, LI 12 diduga termasuk dalam genus Stachybotrys, dan LI 13 diduga termasuk dalam genus Cylindrocladium.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Soegianto, Lisa
NIDN0729017401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fungi endofit, daun jelatang, Laportea interrupta L., Escherichia coli, aktivitas antibakteri
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: stefanus redhitya
Date Deposited: 23 Aug 2021 08:02
Last Modified: 23 Aug 2021 08:02
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25727

Actions (login required)

View Item View Item