Pengembangan lembar kerja peserta didik model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan media video animasi untuk meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik

Liwun, Theresia Benedikta Nuna (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan media video animasi untuk meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - thessyn liwuniya.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I - thessyn liwuniya.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II - thessyn liwuniya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III - thessyn liwuniya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV - thessyn liwuniya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V - thessyn liwuniya.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - thessyn liwuniya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan design One Shot Case Study. Untuk mendukung proses pembelajaran, perangkat pembelajaran yang dihasilkan selain LKPD adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE). LKPD diujicobakan di kelas X IPA 1 SMA Santo Carolus Surabaya dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring dengan pokok bahasan impuls dan momentum. Hasil validasi RPP mendapat skor 3,42 dengan kategori “sangat valid”, LKPD mendapat skor 3,29 dengan kategori “valid” dan RE mendapat skor 3,22 dengan kategori “valid”. Persentase kepraktisan perangkat pembelajaran yang dilihat dari keterlaksanaan RPP adalah 94,44% dengan kategori “sangat baik”. Peserta didik melakukan post-test di akhir kegiatan pembelajaran pada tiap pertemuan. Pada pertemuan I, II dan III Persentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal adalah 76%, 80% dan 84%. Secara keseluruhan persentase ketuntasan klasikal adalah 80% dengan mengalami peningkatan. Hasil respon peserta didik mendapat skor 3,43 dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament telah dikembangkan dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik serta mendapat respon positif dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Untung, G. Budijanto
NIDN8954310021
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja peserta didik, model pembelajaran kooperatif, TGT, impuls dan momentum, ketuntasan belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 18 Aug 2021 01:35
Last Modified: 18 Aug 2021 07:31
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25711

Actions (login required)

View Item View Item