Johsia, Grady, Sianto, Martinus Edy and Mulyana, Ig. Jaka ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4910-3409 (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online, 18 (2). pp. 84-89. ISSN p-ISSN: 1412-7350, e-ISSN: 2621-3362, Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 5
Preview |
Text (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online)
8-Analisis_faktor_faktor_yang_.pdf Download (243kB) | Preview |
Preview |
Text (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online_peer_review)
8-R1&2-Analisis_faktor-faktor_yang_.pdf Download (892kB) | Preview |
Preview |
Text (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online)
8-Analisis_faktor_faktor_yang_Hasil Cek Similarity.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat sekarang ini mendorong adanya penyedia transportasi online yang memudahkan konsumen yang bermobilitas tinggi. Moda transportasi yang sudah lama ada di Indonesia ini dibuat dengan inovasi berbasis online. Sampai saat ini, Go-Jek dan Grab terus bersaing khususnya dalam bidang transportasi roda dua dan roda empat. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi calon pelanggan dalam memilih jasa transportasi online di kota Surabaya. Dilakukan analisis faktor untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, analisis diskriminan untuk menemukan pembeda antara kedua transportasi online, dan Importance Performance Analysis dilakukan sebagai ide referensi bagi transportasi online untuk meningkatkan loyalitas konsumennya. Didapatkan hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen ada 3 yaitu faktor perhatian (caring), kepercayaan (trust), dan kepuasan akumulatif (overall satisfaction). Sedangkan yang menjadi pembeda signifikan antara kelompok konsumen pemakai Go-Jek, pemakai Grab, dan konsumen yang memakai kedua layanan tersebut adalah tingkat pendapatan konsumen dan dana yang dikeluarkan dalam sebulan untuk menggunakan transportasi online.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transportasi online, Analisis faktor, Importance Performance Analysis |
Subjects: | Engineering |
Divisions: | Journal Publication |
Depositing User: | F.X. Hadi |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 02:51 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 03:57 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25123 |
Actions (login required)
View Item |