Keban, Agatha Nusamaris, Mulyana, Ig. Jaka ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4910-3409 and Asrini, Luh Juni (2018) Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi. Widya Teknik, 17 (2). pp. 72-79. ISSN 1412-7350, Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 5
Preview |
Text (Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi)
6-Evaluasi_dan_perbaikan_sistem_.pdf Download (756kB) | Preview |
Preview |
Text (Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi_peer_review)
6-R1&2-Evaluasi_dan_perbaikan_sistem_.pdf Download (900kB) | Preview |
Preview |
Text (Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi)
6-Evaluasi_dan_perbaikan_sistem_Hasil Cek Similarity.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Antrian sering terjadi apabila bagian fasilitas pelayanan sedang sibuk melayani pelanggan sebelumnya, sehingga ada waktu pelanggan selanjutnya, yang terbuang untuk menunggu. Tujuan pengamatan adalah untuk melihat kinerja 4 loket di BPJS kesehatan Surabaya serta memberikan usulan perbaikan yang dapat dipertimbangkan. Pengamatan menggunakan teori antrian dan dilakukan simulasi dengan bantuan software Arena. Loket A memiliki 3 fasilitas pelayanan, loket B, C dan DE memiliki 1 fasilitas pelayanan. Data diambil perhari (Senin-Jumat), merupakan data primer berupa data waktu kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan. Dari hasil pengamatan dan simulasi, didapat waktu menunggu dan pelanggan mengantri paling banyak di loket C hari Senin, sementara waktu menunggu dan pelanggan mengantri paling sedikit pada loket A hari Jumat. Berdasarkan 3 usulan perbaikan, usulan 1 dan 2 memberikan hasil secara kuantitatif, yakni dapat mengurangi waktu tunggu dalam antrian. Sedangkan usulan 3 tidak dapat memberikan hasil secara kuantitatif. Ketiga usulan ini baik, namun dapat dipilih usulan perbaikan terbaik dengan mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem antrian, Simulasi, Fasilitas pelayanan, BPJS Kesehatan Surabaya |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Journal Publication |
Depositing User: | F.X. Hadi |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 02:34 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 03:51 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25121 |
Actions (login required)
View Item |