Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi

Keban, Agatha Nusamaris, Mulyana, Ig. Jaka ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4910-3409 and Asrini, Luh Juni (2018) Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi. Widya Teknik, 17 (2). pp. 72-79. ISSN 1412-7350, Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 5

[thumbnail of Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi]
Preview
Text (Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi)
6-Evaluasi_dan_perbaikan_sistem_.pdf

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi_peer_review]
Preview
Text (Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi_peer_review)
6-R1&2-Evaluasi_dan_perbaikan_sistem_.pdf

Download (900kB) | Preview
[thumbnail of Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi]
Preview
Text (Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi)
6-Evaluasi_dan_perbaikan_sistem_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Antrian sering terjadi apabila bagian fasilitas pelayanan sedang sibuk melayani pelanggan sebelumnya, sehingga ada waktu pelanggan selanjutnya, yang terbuang untuk menunggu. Tujuan pengamatan adalah untuk melihat kinerja 4 loket di BPJS kesehatan Surabaya serta memberikan usulan perbaikan yang dapat dipertimbangkan. Pengamatan menggunakan teori antrian dan dilakukan simulasi dengan bantuan software Arena. Loket A memiliki 3 fasilitas pelayanan, loket B, C dan DE memiliki 1 fasilitas pelayanan. Data diambil perhari (Senin-Jumat), merupakan data primer berupa data waktu kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan. Dari hasil pengamatan dan simulasi, didapat waktu menunggu dan pelanggan mengantri paling banyak di loket C hari Senin, sementara waktu menunggu dan pelanggan mengantri paling sedikit pada loket A hari Jumat. Berdasarkan 3 usulan perbaikan, usulan 1 dan 2 memberikan hasil secara kuantitatif, yakni dapat mengurangi waktu tunggu dalam antrian. Sedangkan usulan 3 tidak dapat memberikan hasil secara kuantitatif. Ketiga usulan ini baik, namun dapat dipilih usulan perbaikan terbaik dengan mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem antrian, Simulasi, Fasilitas pelayanan, BPJS Kesehatan Surabaya
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 02 Feb 2021 02:34
Last Modified: 08 Feb 2021 03:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25121

Actions (login required)

View Item View Item