Studi kasus penyesuaian sosial anak kidal

Sudarsono, Yohanna (2005) Studi kasus penyesuaian sosial anak kidal. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)

Abstract

Setiap orang dilahirkan sebagai pengguna tangan kanan atau pengguna tangan kiri. Individu yang dilahirkan sebagai pengguna tangan kiri diharapkan untuk lebih mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar yang didominasi oleh pengguna tangan kanan, dimulai dari menggunakan alat-alat kehidupan sampai kepada sopan santun budaya Timur. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana cara individu bertangan kidal melakukan penyesuaian sosial dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyesuaian sosial tersebut. Penelitian ini mempunyai dua manfaat, yang pertama manfaat bagi anak kidal itu sendiri agar mereka tidak merasa rendah diri atau merasa berbeda, mengingat penggunaan tangan kiri (kidal) itu adalah sesuatu yang wajar. Manfaat kedua bagi orang tua dan guru, agar tidak ada tindak pemaksaan pada anak kidal, sebab hal ini akan menimbulkan bahaya psikologis seperti gagap. Penelitian ini menggunakan subjek berusia 7-12 tahun, karena pada masa itu subjek memasuki masa sekolah serta melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar. Wilayah penelitian dilakukan di Surabaya, dengan pendekatan studi kasus. Metodologi penelitian bersifat kualitatif, dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis isi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah temuan persamaan dan perbedaan pada tiap-tiap subjek. Persamaannya adalah mereka semua mampu melakukan penyesuaian sosial, yaitu dengan mengembangkan sikap positif, berteman, dan melakukan banyak kegiatan. Sedangkan perbedaannya secara kasuistis beberapa anak pernah merasa memiliki kondisi yang berbeda dengan anak-anak normal yang lain, merasa minder dan tidak diterima oleh lingkungan sekitar, sedang beberapa subjek yang lain justru merasa senang dengan kondisinya yang kidal karena merasa lebih lancar dalam melakukan banyak aktivitas dengan menggunakan tangan kiri. Selain itu prestasi belajar subjek penelitian di sekolah tergolong cukup baik kecuali subjek I. Beberapa subjek beradaptasi dengan mengembangkan religiusitas ketika menghadapi permasalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2016 06:49
Last Modified: 31 Oct 2016 06:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2479

Actions (login required)

View Item View Item