Analisa persepsi dan kesukaan konsumen terhadap edible packaging berbahan dasar tepung biji durian (Durio zibethinus) sebagai pengemas kopi bubuk instan

Abadi, Christopher Justin (2021) Analisa persepsi dan kesukaan konsumen terhadap edible packaging berbahan dasar tepung biji durian (Durio zibethinus) sebagai pengemas kopi bubuk instan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (763kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy

Abstract

Persepsi adalah salah satu sifat psikologis bagi manusia dalam hal merespon kehadiran berbagai aspek dan gejala di sekitarnya. Suatu persepsi dapat timbul karena adanya berbagai informasi yang ditangkap oleh indera dan persepsi juga berperan sebagai suatu upaya seleksi terhadap stimulus yang diterima oleh alat indera manusia. Pada jaman sekarang, masyarakat mulai menyadari tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan, sehingga timbul sebuah persepsi masyarakat yang menggunakan kemasan edible packaging. Edible packaging adalah suatu bentuk kemasan yang terbuat dari bahan-bahan biodegradable sehingga dapat dikonsumsi dan dapat terurai secara organik. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan edible packaging berbahan dasar tepung biji durian (Durio zibethinus) dan bahan pembantu seperti bahan pengikat yang digunakan adalah karagenan dan gliserol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan konsumen tentang edible packaging berbahan dasar tepung biji durian sebagai pengemas bubuk kopi instan dan tingkat kesukaan masyarakat terhadap penggunaan edible packaging berbahan dasar tepung biji durian sebagai pengemas bubuk kopi instan. Penelitian dirancang dengan menggunakan metode survei dan pengujian tingkat kesukaan (uji hedonik) menggunakan kuisioner yang disebarkan secara acak melalui google form. Jumlah kuisioner yang diperoleh adalah 120 responden untuk metode survei dan 120 panelis untuk uji kesukaan. Pengolahan analisa data dilakukan menggunakan analisa deskriptif. Persepsi konsumen terhadap edible packaging berbahan dasar tepung biji durian yaitu positif yang artinya dapat diterima oleh responden walau terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti warna edible packaging yang dibuat lebih transparan. Tingkat kesukaan konsumen terhadap warna edible packaging, aroma edible packaging, dan rasa dari kopi instan yang dibungkus menggunakan edible packaging berbahan dasar tepung biji durian adalah 4 (netral).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ristiarini, Susana
NIDN000406401
ristiarini@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Jati, Ignasius Radix Astadi Praptono
NIDN0719068110
radix@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Persepsi konsumen, edible pacakging, pati biji durian, tingkat kesukaan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 9296 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2021 05:27
Last Modified: 28 Jan 2021 05:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24762

Actions (login required)

View Item View Item