Pengaruh nilai perusahaan, beban pajak, exchange rate & bonus plan terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2017-2019

Linati, Margreth Ernestine (2020) Pengaruh nilai perusahaan, beban pajak, exchange rate & bonus plan terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2017-2019. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

Perkembangan ekonomi secara global serta persaingan usaha yang kian ketat memberikan dampak signifikan terhadap sikap dan juga pola bisnis dari para pihak pelaku bisnis. Banyak perusahaan melakukan kegiatan bisnis dengan menggunakan cabang atau anak perusahaannya sehingga hubungan yang terjalin antara induk dan anak perusahaan mengakibatkan terbentuknya hubungan istimewa. Hal ini mengakibatkan dalam suatu transaksi usaha seperti penentuan harga, imbalan, dan lain sebagainya ditentukan berdasarkan kebijakan transfer pricing oleh induk perusahaan yang dapat sama atau berbeda dengan harga pasar untuk memperoleh keuntungan pribadi. Transfer pricing dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan laba perusahaan agar nilai perusahaannya tinggi. Perusahaan akan melakukan transfer pricing unuk dapat meminimalkan pembayaran beban pajak perusahaan. Selisih nilai kurs yang tidak sama akan berdampak pada laba yang dihasilkan sehingga akan mempengaruhi transfer pricing. Bonus plan yang ditentukan pada besarnya laba perusahaan akan membuat perusahaan melakukan manajemen laba dengan melakukan transfer pricing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh nilai perusahaan, beban pajak, exchange rate dan bonus plan terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini adalah p nilai perusahaan, beban pajak, exchange rate dan bonus plan. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 141 perusahaan yang dpilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang didapat dari website Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel nilai perusahaan, beban pajak, exchange rate dan bonus plan berpengaruh negatif terhadap transfer pricing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purwanto, Adriana Marini
NIDN0713067501
marini@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Transfer pricing, nilai perusahaan, beban pajak, exchange rate dan bonus plan
Subjects: Business > Accounting
Business
Depositing User: Margreth Ernestine Linati
Date Deposited: 29 Jan 2021 01:17
Last Modified: 29 Jan 2022 05:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24743

Actions (login required)

View Item View Item