Pengaruh konsentrasi tepung okara sebagai sumber nitrogen organik terhadap produksi pigmen angkak biji durian oleh Monascus purpureus M9

Juwono, Fiona Angeline (2021) Pengaruh konsentrasi tepung okara sebagai sumber nitrogen organik terhadap produksi pigmen angkak biji durian oleh Monascus purpureus M9. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
1. BAB 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
2. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
3. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
4. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
5. BAB 5.pdf

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Pembuatan angkak dengan menggunakan biji durian yang merupakan limbah industri pengolahan pangan dengan menggunakan Monascus purpureus M9 telah dilakukan beberapa tahun terakhir ini. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai merah angkak biji durian lebih rendah dibandingkan dengan angkak yang dibuat dari beras. Hal ini disebabkan kadar pati dan protein pada biji durian masih jauh lebih rendah dibadingkan dengan beras. Oleh karena itu untuk menunjang produksi pigmen oleh M. purpureus M9 diperlukan penambahan sumber nitrogen dari bahan lain ke dalam media biji durian, yaitu tepung okara (ampas hasil pengolahan tahu atau susu kedelai). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh konsentrasi tepung okara sebagai sumber nitrogen organik pada media biji durian terhadap produksi pigmen M. purpureus M9. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktor tunggal, yaitu penambahan tepung okara sebanyak tujuh taraf perlakuan yaitu 0%, 0,5%, 1%, 1,5%, 2%, 2,5%, dan 3% dengan empat ulangan. Parameter pengujian adalah pengujian warna bubuk angkak biji durian menggunakan color reader, kadar pigmen larut air dan larut etanol menggunakan spektrofotometer, dan profil pigmen menggunakan Thin Layer Chromatography (TLC). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi tepung okara berpengaruh nyata terhadap warna bubuk angkak biji durian (L, a*, b*, C, °H), kadar pigmen larut air, kadar pigmen larut etanol dan profil pigmen. Penambahan tepung okara hingga konsentrasi 1% akan meningkatkan produksi pigmen yang dihasilkan, namun pada konsentrasi tepung okara >1% akan terjadi penurunan kadar pigmen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ristiarini, Susana
NIDN0004066401
ristiarini@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Srianta, Ignatius
NIDN0726017402
srianta2601@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Angkak biji durian, okara, warna, profil, kadar pigmen
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 8610 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:37
Last Modified: 28 Jan 2021 03:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24707

Actions (login required)

View Item View Item