Pembuatan antosianin dari buah naga merah sebagai antioksidan pada minyak goreng

Wongkar, Gracia Hingis and Chia, Steven (2020) Pembuatan antosianin dari buah naga merah sebagai antioksidan pada minyak goreng. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Antioksidan adalah zat yang digunakan untuk menghambat proses oksidasi. Zat antioksidan biasanya ditambahkan pada minyak goreng, sehingga membuat minyak goreng tidak cepat rusak. Penggunaan antioksidan sintetis dalam menstabikan minyak dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dikomsumsi dalam jumlah yang berlebihan serta panjang. Esktrak antosianin dari buah naga memiliki potensi untuk menggantikan antioksidan sintetis. Antosianin dapat mencegah proses oksidasi pada minyak sehingga dapat meningkatkan kualitas dari minyak nabati. Produk akhir yang ingin dihasilkan adalah emulsi yang memiliki warna merah mudah. Warna merah muda dari emulsi disebabkan oleh zat warna pada esktrak antosianin. Proses untuk mendapatkan emulsi dimulai dengan buah naga yang telah dihancurkan dengan menggunakan disk mill kemudian dicampur dengan pelarut yang memiliki pH 2. Pelarut terdiri atas etanol (50%) dan asam asetat. Campuran buah naga dan pelarut akan ekstraksi suhu 50℃ pada tangki proses ekstraksi untuk memperoleh ekstrak antosianin. Slurry yang diperoleh dari hasil ekstraksi akan dipisahkan padatan dan cairannya dengan centrifuge yang selanjutkan akan dimurnikan dengan evaporator. Ekstrak antosianin akan dicampur dengan lesitin dan minyak goreng baru untuk membentuk emulsi pada tangki proses emulsi. Produk emulsi antosianin ini diharapkan bisa menggantikan antioksidan sintetis seperti TBHQ, BHA, BHT yang bisa menstabilkan minyak nabati.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sudaryanto, Yohanes
NIDN0730056201
nesto@ukwms.ac.id
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 9351 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2021 07:07
Last Modified: 27 Jan 2021 02:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24692

Actions (login required)

View Item View Item