Pengaruh perbedaan konsentrasi xanthan gum terhadap sifat fisikokimia dan sensoris roti tawar angkak biji durian bekatul

Hartanti, Maria Arin (2021) Pengaruh perbedaan konsentrasi xanthan gum terhadap sifat fisikokimia dan sensoris roti tawar angkak biji durian bekatul. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Roti tawar angkak biji durian bekatul merupakan salah satu alternatif produk pangan fungsional. Hal ini disebabkan kandungan bioaktif dalam bekatul dan angkak biji durian berpotensi sebagai antidiabetes dan antihiperkolesterol. Pemanfaatan angkak biji durian dan bekatul diketahui menurunkan sifat fisikokimia dan sensoris pada roti. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan hidrokoloid yaitu xanthan gum. Xanthan gum biasanya digunakan dalam produk bakery karena mampu meningkatkan volume spesifik dan memperbaiki tekstur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi xanthan gum terhadap sifat fisikokimia dan sensoris roti tawar angkak biji durian bekatul. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor yaitu konsentrasi xanthan gum, terdiri dari enam taraf perlakuan: 0%,0,05%, 0,1%, 0,15%, 0,2%, dan 0,25% dengan 4 kali ulangan. Parameter uji fisikokimia yang dilakukan meliputi uji kadar air, volume spesifik dan tekstur (hardness, cohesiveness dan springiness). Uji sensoris yang dilakukan meliputi kesukaan terhadap kemudahan digigit, kesukaan terhadap kelembutan dikunyah dan kesukaan terhadap kemudahan ditelan. Perlakuan terbaik ditentukan menggunakan metode spider web. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi xanthan gum dapat meningkatkan kadar air, meningkatkan volume spesifik, menurunkan hardness, meningkatkan cohesiveness, meningkatkan springiness, meningkatkan kesukaan terhadap kelembutan dikunyah dan kesukaan terhadap kemudahan ditelan. Perbedaan konsentrasi xanthan gum menunjukkan tidak berpengaruh nyata terhadap kemudahan digigit pada roti tawar angkak biji durian bekatul Perlakuan terbaik berdasarkan uji sensoris menggunakan analisa spider web adalah perlakuan X4 (0,2% xanthan gum).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugerahani, Ira
NIDN0715076101
nugerahani@yahoo.co.id
Thesis advisor
Srianta, Ignatius
NIDN0726017402
srianta2601@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Roti tawar angkak biji durian bekatul, xanthan gum, sifat fisikokimia, sifat sensoris
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 8633 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2021 02:54
Last Modified: 02 Mar 2021 01:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24654

Actions (login required)

View Item View Item