Analisis dan perancangan prosedur operasional standar (POS) pada sekolah (Studi kasus pada Sekolah Dasar Katolik Santa Theresia II Surabaya)

Grace, Prima (2020) Analisis dan perancangan prosedur operasional standar (POS) pada sekolah (Studi kasus pada Sekolah Dasar Katolik Santa Theresia II Surabaya). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan adalah suatu hal yang penting dalam segala macam bentuk usaha. Hal ini dapat dikatakan penting karena pendapatan merupakan sumber pendanaan kegiatan operasional yang ada di dalam sekolah. Dimana pendapatan yang diterima sekolah haruslah berjalan lancar agar tidak mengganggu perputaran kas yang ada di dalam sekolah. Namun terkadang, terdapat permasalahan yang dijumpai terkait penerimaan pendapatan yang terlambat sehingga mengakibatkan kegiatan operasional sekolah menjadi terhambat. Terjadinya keterlambatan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah penerapan sistem pendapatan yang terjadi di sekolah kurang baik. Penelitian ini dilakukan di Sekolah SDK Santa Theresia II Surabaya. Permasalahan yang terjadi di sekolah ini adalah tidak adanya Prosedur Operasional Standar yang baku untuk siklus pendapatan, tidak adanya kebijakan atau kriteria yang baku untuk murid yang boleh melakukan pembayaran uang sekolah secara cicilan dan penerimaan kas menjadi terhambat. Oleh karena itu peneliti bertujuan membantu Sekolah SDK Santa Theresia II Surabaya dalam mengelola siklus pendapatan yang dilakukan secara angsuran dan mengusulkan daftar tunggakan uang sekolah bulanan, agar pihak sekolah dapat mengetahui jumlah uang sekolah tunggakan dan memudahkan untuk proses penagihan pada wali murid. Jenis data yang akan digunakan peneliti adalah data kualitatif dengan sumber data yang diterima dari pihak internal sekolah melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan hasil dari penelitian ini akan dibakukan menjadi sebuah Prosedur Operasional Standar (POS) dengan harapan agar segala prosedur dan dokumen yang digunakan berlaku standar sehingga mempermudah pihak sekolah dalam mengelola pendapatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prosedur operasional standar, siklus pendapatan, aktivitas pengendalian
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Prima Grace
Date Deposited: 01 Feb 2021 02:39
Last Modified: 01 Feb 2021 02:39
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24600

Actions (login required)

View Item View Item