Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi pada UD. SS atas siklus pembelian dan persediaan

Tanjaya, Meylinda (2020) Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi pada UD. SS atas siklus pembelian dan persediaan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Sistem informasi akuntansi yang baik merupakan aspek penting dalam suatu bisnis untuk mengembangkan usahanya. Dengan penggunaan teknologi dalam menjalankan suatu bisnis akan memberikan informasi yang akurat. Objek dalam penelitian ini ialah UD. SS yang merupakan Usaha Kecil, Menengah, dan Mikro (UMKM) yang bergerak dibidang perdagangan suku cadang. Sebagai UMKM yang harus terus berkembang dan memiliki berbagai macam persediaan UD. SS perlu memperhatikan informasi dalam siklus pembelian dan persediaan. Terdapat beberapa masalah yang ada pada UD. SS yaitu, jarang mencatat stok persediaan yang menyebabkan terjadinya selisih stok, tidak pernah melakukan stock opname yang menyebabkan sering terjadinya kehabisan stok, tidak memiliki form permintaan pembelian, order pembelian, dan tidak membuat bukti pernerimaan barang. Tujuan dari penilitian ini ialah melakukan analisis dan perancangan sistem informasi akuntasi secara terkomputerisasi pada siklus pembelian dan persediaan UD. SS untuk meminimalisir permasalahan yang ada. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan ialah data kualitatif yang didapat langsung dari UD. SS melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan menganalisis sistem informasi akuntansi terkait siklus persedian dan pembelian sampai dengan mendesain sistem. Hasil dari penelitian ini ialah berupa rancangan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi, perbaikan prosedur serta dokumen UD. SS. Dengan hasil tersebut, diharapkan dapat meminimalisir permasalahan yang ada sehingga menghasilkan informasi yang akurat, meningkatkan pengendalian internal, dan dapat bertahan serta bersaing dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Hendra
NIDN0718108506
hendrawijaya@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntasi, siklus persediaan, siklus pembelian, terkomputerisasi, analisis dan perancangan sistem
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Meylinda Tanjaya
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:18
Last Modified: 28 Jan 2021 07:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24492

Actions (login required)

View Item View Item