Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi pada siklus persediaan bahan baku (Studi kasus pada PT PMT)

Indahwati, Anggreni (2020) Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi pada siklus persediaan bahan baku (Studi kasus pada PT PMT). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)

Abstract

Informasi merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan yang berdampak bagi masa depan perusahaan. Penelitian ini disusun berdasarkan perkembangan teknologi yang dapat mendukung aktivitas operasional perusahaan. Untuk membantu meningkatkan informasi diperlukan sebuah sistem, salah satunya adalah sistem persediaan dimana persediaan merupakan aset bagi perusahaan. Peneliti menggunakan PT PMT sebagai objek penelitian. PT PMT merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang textile. Peneliti melakukan analisis pada sistem pencatatan persediaan khususnya bahan baku yang digunakan oleh perusahaan mulai dari penerimaan bahan baku supplier hingga pengeluaran bahan baku dari gudang dan terdapat beberapa kelemahan yang menyebabkan timbulnya permasalahan. Permasalahan pertama pencatatan bahan baku masih dilakukan secara manual dikarena bahan baku yang dimiliki banyak dan bervariasi sehingga bahan baku yang masuk dapat ditulis kembali pada kartu stok baru, pemasalahan kedua tidak adanya kode lokasi untuk penempatan bahan baku sehingga menyebabkan lokasi bahan baku yang tidak teratur dan menyulitkan dalam mencari bahan baku yang dibutuhkan, dan permasalahan yang ketiga adalah Formulir Permintaan dan Pengiriman Bahan Baku yang tidak efektif sehingga berisiko kehilangan dokumen. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat perancangan sistem persediaan bahan baku yang terkomputerisasi dan perbaikan dokumen prosedur perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menganalisis sistem informasi persediaan dan menentukan kebutuhan sistem persediaan bahan baku perusahaan. Dari penelitian ini, peneliti menyarankan untuk melakukan pencatatan bahan baku secara komputerisasi, manambahkan kode untuk setiap lokasi gudang yang digunakan sebagai penyimpanan bahan baku, dan perbaikan Formulir Permintaan dan Pengiriman Bahan Baku menjadi formulir yang terpisah. Dari penelitian ini diharapkan perusahaan dapat mengatasi kelemahan khususnya sistem persediaan bahan baku yang telah dirancang menjadi sistem yang terkomputerisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
tineke@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Analisis dan perancangan, sistem informasi, persediaan, sistem persediaan terkomputerisasi
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Anggreni Indahwati
Date Deposited: 25 Jan 2021 06:56
Last Modified: 26 Jan 2021 01:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24443

Actions (login required)

View Item View Item