Studi kuantitatif deskriptif perilaku konform pada dewasa awal yang gemar ke club malam

Poolimo, Jocelline Anastasia Aureliana (2020) Studi kuantitatif deskriptif perilaku konform pada dewasa awal yang gemar ke club malam. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK(2).pdf

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya perilaku konform yang dilakukan dewasa awal terhadap keinginan untuk pergi ke club malam. Perilaku konform merupakan perubahan atau penyesuaian yang dilakukan individu karena orang lain juga menampilkan perilaku tersebut. Perilaku konform memiliki 3 aspek yaitu, kekompakkan, kesepakatan, dan ketaatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji secara kuantitatif deskriptif tentang perilaku konform pada dewasa awal yang pergi ke club malam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah usia dewasa awal antara 18-40 tahun yang pergi ke club malam di Surabaya dengan menggunakan metode skala likert yang dibuat oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas partisipan memiliki tingkat kecenderungan perilaku konform sangat rendah yang menunjukkan bahwa partisipan dalam penelitian ini cenderung tidak berperilaku konform ketika ingin ke club malam karena aspek dari perilaku konform tidak terpenuhi, yaitu sebesar 3,25% subjek dikategori sedang yang menggambarkan bahwa tingkat kekompakkan, kesepakatan, dan ketaatan juga menunjukkan kategori sedang, lalu sebesar 19,48% subjek berada dikategori rendah yang berarti subjek memiliki tingkat kekompakkan, kesepakatan, dan ketaatan yang rendah, dan 77,27% subjek berada pada kategori sangat rendah yang menunjukkan bahwa subjek memiliki tingkat kekompakkan, kesepakatan, dan ketaatan terhadap kelompok juga sangat rendah, karena aspek ini yang merupakan dasar dan alat untuk mengukur seberapa besar perilaku konform dewasa awal ketika pergi ke club malam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugrohadi, Gratianus Edwi
NIDN0710047302
edwi-nugrohadi@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Perilaku konform, studi kuantitatif deskriptif perilaku konform pada dewasa awal yang gemar ke club malam.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Jocelline Anastasia Aureliana Poolimo
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:45
Last Modified: 21 Jan 2021 07:45
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24054

Actions (login required)

View Item View Item