Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan alat-alat optik di SMPK St. Stanislaus I Surabaya

Sabaggalet, Ferlinda (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan alat-alat optik di SMPK St. Stanislaus I Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation). Selain LKPD, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. RPP, LKPD, dan RE divalidasi oleh ahli sebelum diuji cobakan. Hasil validasi RPP memperoleh skor 3,37 dengan kategori ”valid”, LKPD memperoleh skor 3,22 dengan kategori “valid” dan Rencana Evaluasi memperoleh skor 3,33 dengan kategori “valid”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,03 dengan Kategori “baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,59 dengan kategori “sedang” dan hasil respon peserta didik yang didapatkan 3,73 dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan alat-alat optik dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMPK St. Stanislaus Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Herwinarso, .
NIDN0702066202
herwinarso@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: LKPD, inkuiri terbimbing, hasil belajar, alat-alat optik.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Ferlinda Sabaggalet
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:03
Last Modified: 21 Sep 2020 08:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23541

Actions (login required)

View Item View Item