Studi literatur: pengaruh pemberian minyak jagung (corn oil) terhadap kadar kolesterol HDL dan trigliserida pada tikus yang diberikan diet aterogenik

Firdausi, Mitha Ayu Putri (2020) Studi literatur: pengaruh pemberian minyak jagung (corn oil) terhadap kadar kolesterol HDL dan trigliserida pada tikus yang diberikan diet aterogenik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Diet tinggi lemak salah satunya jenisnya yakni diet aterogenik yang dikonsumsi secara terus menerus dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penyakit jantung koroner (PJK), salah satunya yakni aterosklerosis. Kadar trigliserida yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit vaskular. Kadar trigliserida tinggi seringkali memiliki kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) tinggi, serta kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) yang rendah. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian minyak jagung terhadap kadar kolesterol HDL dan trigliserida tikus yang diberi diet bersifat aterogenik menggunakan metode literatur review. Dari 7 jurnal yang didapat, 4 jurnal tidak menunjukkan adanya perubahan yang signifikan pada kadar trigliserida, sedangkan 3 jurnal lainnya menunjukan peningkatan kadar trigliserida. Peningkatan kadar HDL yang signifikan juga terjadi pada keenam jurnal. Hal ini terjadi karena adanya kandungan asam palmitat dalam minyak jagung juga turut menyebabkan peningkatan pada konsentrasi trigliserida yang bekerja menaikkan aktivitas kolesterol yang memungkinkan terjadinya perubahan dari HDL menjadi LDL. Peningkatan kadar trigliserida dalam darah terjadi karena deposisi fitosterol dalam tubuh, sehingga kadar fitosterol menjadi lebih kecil.Sehingga dari telaah literatur yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa minyak jagung meningkatkan kadar kolesterol HDL dan trigliserida tikus yang diberi diet aterogenik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Elisabeth, Kasih
NIDN0719048801
elisabethkasih@gmail.com
Thesis advisor
Wijaya, Hendy
NIDN0730078304
hendy_wijaya@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Minyak jagung, HDL, trigliserida, asam palmitat, fitosterol
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Mitha Ayu Putri Firdausi
Date Deposited: 08 Sep 2020 07:55
Last Modified: 08 Sep 2020 07:55
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23374

Actions (login required)

View Item View Item