Pengaruh konsentrasi natrium hidroksida pada produksi selulosa mikrokristalin dari bahan alam dengan kombinasi hidrolisis enzim selulase (Kaji ulang literatur)

Mahendra, I Gusti Ngurah (2020) Pengaruh konsentrasi natrium hidroksida pada produksi selulosa mikrokristalin dari bahan alam dengan kombinasi hidrolisis enzim selulase (Kaji ulang literatur). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Selulosa mikrokristalin (Microcrystalline Celulose atau MCC) dimanfaatkan dalam sediaan solid farmasi dan sangat cocok untuk pembuatan tablet terutama untuk tablet cetak langsung. Harga Avicel yang mahal dan penggunaannya yang cukup banyak (50-80%) dalam komponen tablet juga menyebabkan harga jual sediaan tablet menjadi relatif mahal sehingga perlu dicari sumber alternatif lain penghasil MCC. Melihat pemanfaatan bahan alam sebagai sumber MCC ini cukup potensial, dan prosesnya dipengaruhi oleh beberapa hal, maka perlu dikaji prosedur yg sesuai seperti apa. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh konsentrasi NaOH pada produksi MCC dari bahan alam dengan enzim selulase serta mengetahui karakter MCC dari bahan alam dengan enzim selulase. Untuk mengetahui pengaruh NaOH serta konsentrasi mana yang optimal dilakukan kaji ulang literatur dengan membandingkan beberapa artikel ilmiah terkait preparasi dan karakterisasi selulosa mikrokristalin dari bahan alam. Artikel ilmiah terkait diperoleh dari search engine Google Scholar pada software Google chrome dengan tiga kata kunci berbeda dimana selanjutnya diseleksi kembali dengan menggunakan tabel observasi sehingga didapatkan artikel ilmiah yang sesuai dengan kriteria. Hasil studi literatur menunjukkan semakin tinggi kadar NaOH digunakan, semakin banyak kadar hemiselulosa yang dapat dilarutkan sehingga kadar α-selulosa meningkat. Namun tidak begitu dengan penggunaan NaOH konsentrasi lebih dari 10%, dimana kadar α-selulosa tidak meningkat seiring meningkatnya konsentrasi NaOH. Hal ini disebabkan karena pemakaian konsentrasi NaOH lebih dari 10% dapat mengakibatkan hancurnya serat selulosa akibat pengembangan yang terlalu kuat. Karakter MCC yang dihasilkan dengan metode hidrolisis secara enzimatis belum dapat menyerupai karakter pembanding AVICEL PH101 karena dipengaruhi oleh durasi atau waktu dari treatment enzim selulase.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartanti, Lanny
NIDN0724067402
lanny.hartanti@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Hadinugroho, Wuryanto
NIDN0724018301
wuryanto.hadinugroho@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Selulosa mikrokristalin, NaOH (natrium hidroksida), bahan alam
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: I Gusti Ngurah Mahendra
Date Deposited: 27 Aug 2020 07:31
Last Modified: 27 Aug 2020 07:31
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23370

Actions (login required)

View Item View Item