Pengaruh coloring mandala therapy terhadap konsentrasi anak usia sekolah dengan retardasi mental ringan : studi perbandingan literatur

Lestari, Lusia Desi Puji (2020) Pengaruh coloring mandala therapy terhadap konsentrasi anak usia sekolah dengan retardasi mental ringan : studi perbandingan literatur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (927kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Anak retardasi mental mengalami banyak hambatan, salah satunya adalah hambatan dalam konsentrasi. Salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi yaitu dengan coloring mandala therapy. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh coloring mandala therapy terhadap konsentrasi anak retardasi mental ringan. Desain penelitian ini adalah pra-eksperimental one-group pretest-posttest design. Variabel independen penelitian ini adalah coloring mandala therapy sedangkan variabel dependen adalah konsentrasi. Responden dalam penelitian ini yaitu anak usia sekolah dengan retardasi mental ringan di 2 Sekolah Luar Biasa di Surabaya yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive sampling. Instrumen ukur konsentrasi menggunakan lembar pengamatan yang disusun oleh peneliti. Uji hipotesa menggunakan Paired sample t-test α<0,05. Penelitian ini berbasis perbandingan literatur yaitu membandingkan 10 jurnal dengan topik penelitian dikarenakan adanya pandemi covid-19 di Surabaya, sehingga kegiatan penelitian tidak dapat dilakukan. Hasil penelitian didapatkan persamaan artikel berdasarkan tujuan (30%), teknik sampling (70%), responden (60%) dan uji analisa data (20%) dengan topik penelitian. Berdasarkan perbedaan artikel dengan topik penelitian didapatkan perbedaan tujuan (70%), desain penelitian (100%), responden (40%), instrumen ukur (100%), dan uji analisa (80%). Dari 10 jurnal didapatkan 100% hasil yaitu hipotesis H1 diterima. Topik penelitian memiliki keunggulan pada populasi yang belum pernah diteliti yaitu anak usia sekolah dengan retardasi mental ringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Keperawatan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Daeng, Bonaventura Handoka
NIDN9907158620
bhandokodaeng@yahoo.com
Thesis advisor
Pae, Kristina
NIDN0727108604
kristinapae@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Anak usia sekolah, retardasi mental ringan, konsentrasi, coloring mandala therapy
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 8197 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:39
Last Modified: 01 Sep 2020 04:39
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23308

Actions (login required)

View Item View Item