Pembuatan media pembelajaran fisika berbasis komputer pada sub pokok bahasan gerak parabola untuk siswa SMA.

Kristanti, Laurentzia Gama (2013) Pembuatan media pembelajaran fisika berbasis komputer pada sub pokok bahasan gerak parabola untuk siswa SMA. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gerak Parabola mudah ditemukan dalam kegiatan sehari-hari, namun secara rinci gerak parabola sulit diamati. Pada saat pembelajaran siswa perlu menggambarkan pergerakan-pergerakannya. Oleh sebab itu, fisika akan lebih menarik jika dapat menampilkan kejadian yang berkaitan secara langsung, sehingga dapat mempermudah siswa dan menarik minat siswa untuk belajar fisika lebih dalam. Di sisi lain, guru dapat menghemat waktu dan tenaga karena baik materi, gambar, contoh-contoh konkrit serta praktikum, semuanya telah ada dalam media. Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk membuat media pembelajaran fisika berbasis komputer yang interaktif, mandiri dan dapat membantu guru sebagai media pengajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode perancangan pengembangan media. Hasil penelitian ini berupa CD video yang memuat materi pada sub pokok bahasan gerak parabola dengan video dalam kehidupan, soal-soal, praktikum, permainan dan animasi. Program yang sudah jadi diujicobakan kepada 58 siswa SMA Katolik Stella Maris Surabaya dan beberapa guru dengan latar belakang sekolah yang berbeda. Pengambilan data angket pada siswa memperoleh hasil 96,2% yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini baik dan dapat membantu siswa untuk belajar mandiri, sedangkan pengambilan data angket pada guru memperoleh hasil 100% yang menyatakan media pembelajaran ini baik dan dapat membantu guru dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, flash, video, gerak parabola
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 15 May 2015 07:16
Last Modified: 15 May 2015 07:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item View Item