Studi kepustakaan mengenai model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun

Belangga, Irsanda Vega (2020) Studi kepustakaan mengenai model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Pendidikan bagi anak usia dini semestinya diberikan melalui cara yang menyenangkan dan sesuai dengan tahapan usia anak. Namun pada kenyataannya, hal ini tidak berjalan sebagaimana mestinya. Seperti yang terjadi pada beberapa lembaga PAUD di Surabaya yang pernah peneliti observasi, dimana Lembar Kerja Anak (LKA) merupakan komponen utama dalam pembelajaran calistung. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui konsep model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam kemampuan membilang angka secara urut pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kepustakaan dengan menelusuri kajian-kajian dalam bentuk buku maupun artikel dalam jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran yang cocok dan dekat dengan anak adalah Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Berdasarkan hasil analisis data model pembelajaran CTL ini dapat membantu anak untuk mengenal konsep matematika karena dalam pelaksanaanya digunakan kegiatan-kegiatan kontekstual yang melibatkan anak secara aktif dalam membangun pemahamannya mengenai sesuatu hal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Puridawaty, Brigita
NIDN0711108002
gitawm@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Anggraini, Kristin
NIDN0707097909
kristinanggraini@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran contextual teaching and learning, konsep matematika anak usia dini, teori kognitif piaget
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Irsanda Vega Belangga
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:10
Last Modified: 11 Aug 2020 02:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23150

Actions (login required)

View Item View Item