Pengaruh culture pride dan perceived practical usefulness terhadap purchase intention melalui attitudes pada Batik Keris di Surabaya

Paskalina, Fransiska (2020) Pengaruh culture pride dan perceived practical usefulness terhadap purchase intention melalui attitudes pada Batik Keris di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia mempunyai beragam sumber daya serta budaya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan sebagai identitas suatu bangsa. Identitas sendiri adalah sesuatu yang melekat serta mencerminkan jati diri bangsa. Adapun aspek-aspek budaya yang antara lain, bahasa, pakaian, religi, makanan, bangunan dan karya-karya lainnya. Yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini yakni identitas diri yang terwujud dalam pakaian batik. Batik yang menjadi isu dalam identitas budaya Indonesia dengan mengemukakan dua alasan. Pertama, adanya kesadaran kolektif pada warga masyarakat Indonesia untuk mengenakan baju Batik karena Batik merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia. Kedua, Batik memiliki keunikan yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Penelitian ini bertujuan untuk menanalisis pengaruh culture pride dan perceived practical usefulness terhadap purchase intention melalui attitudes pada Batik Keris di Surabaya. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan teknik kuisioner terhadap 150 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling kriteria sampel antara lain berusia minim 17 tahun, berdomisili di Surabaya, mengetahui brand dan produk dari Batik Keris. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Culture Pride memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap attitude, namun perceived pratical usefulness memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap attitude. Lalu attitude memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Sedangkan culture pride memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap purchase intention. Disisi lain, perceived pratical usefulness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Culture pride memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention tetapi melalui attitude. Begitu pula dengan perceived pratical usefulness yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention tetapi melalui attitude.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Koesworo, Yulius
NIDN0704046001
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Pradana, Dominicus Wahyu
NIDN0707088604
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Culture pride, perceived practical usefulness, purchase intention, and attitudes
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Fransiska Paskalina
Date Deposited: 07 Aug 2020 04:56
Last Modified: 07 Aug 2020 07:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23126

Actions (login required)

View Item View Item