Pengujian Convergence-Interest Hypothesis Karya Ilmiah Dan Managerial Entrenchment Hypothesis Dalam Hubungan Managerial Ownership, Capital Structure Dan Firm Value (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 di Indonesia)

Wijayanto, Stella Evelyn (2020) Pengujian Convergence-Interest Hypothesis Karya Ilmiah Dan Managerial Entrenchment Hypothesis Dalam Hubungan Managerial Ownership, Capital Structure Dan Firm Value (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 di Indonesia). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Hubungan antara kepemilikan manajerial, struktur modal dan nilai perusahaan terdapat pola hubungan yang tidak dapat dipisahkan dan saling berkaitan satu dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh convergence-interest effect dan managerial entrenchment effect pada hubungan kepemilikan manajerial, struktur modal dan nilai perusahaan pada perusahaan LQ45 non keuangan. Penelitian ini melakukan pengujian dengan model regresi data panel dan model regresi simultaneous equation pada sampel perusahaan LQ45 non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat managerial entrenchment effect dalam hubungan non monotonic antara kepemilikan manajerial dan nilai perusahaan. Ketika kepemilikan manajerial berada di level rendah dan tinggi, manajer cenderung berperilaku entrench, sedangkan ketika kepemilikan manajerial berada di level moderat para manajer bersifat convergent. Pada hubungan kepemilikan manajerial dan nilai perusahaan, manajemen cenderung berperilaku entrench. Pada pola hubungan kepemilikan manajerial dan struktur modal terdapat convergent-interest effect dalam hubungan non monotonic antara kepemilikan manajerial dan struktur modal. Tingkat kepemilikan yang tinggi dan rendah maka para manajer berperilaku convergent, sedangkan ketika kepemilikan manajerial di level moderat maka pihak manajemen akan berperilaku entrench. Dapat disimpulkan bahwa pada hubungan kepemilikan manajerial dan struktur modal, manajemen cenderung bersifat convergent. Selain itu, struktur modal berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Hasil ini menunjukkan secara keseluruhan bahwa penelitian ini mendukung teori stewardship dimana manajer di dalam perusahaan cenderung berperilaku convergent dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Roida, Herlina Yoka
NIDN0722027501
yokaroida@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Gunawan, Erick Teofilus
NIDN0711029501
erick@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan manajerial, struktur modal, nilai perusahaan
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Stella Evelyn Wijayanto
Date Deposited: 04 Aug 2020 08:21
Last Modified: 04 Aug 2020 08:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23083

Actions (login required)

View Item View Item