Pengaruh perbedaan konsentrasi carboxy methyl cellulose terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik fruit leather pisang kepok merah (Musa paradisiaca L.)

Wijaya, Yuliana Setia (2020) Pengaruh perbedaan konsentrasi carboxy methyl cellulose terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik fruit leather pisang kepok merah (Musa paradisiaca L.). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (828kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fruit leather merupakan produk olahan pangan sejenis manisan kering yang terbuat dari bubur buah kemudian dikeringkan lalu dicetak berbentuk lembaran tipis 2-3 mm. Karakteristik fruit leather yaitu memiliki rasa yang manis dan rasa khas dari buah serta memiliki tekstur yang kenyal dan mudah digigit. Jenis buah yang dipilih yaitu buah pisang kepok merah karena kandungan nutrisi yang dimiliki sangat baik juga memiliki manfaat yang banyak untuk manusia. Penambahan palm sugar selain untuk menciptakan rasa manis juga untuk memperbaiki warna produk. Penambahan CMC berfungsi sebagai pengental karena sifatnya yang mengikat air sehingga dapat memberikan tekstur yang baik pada produk yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsentrasi CMC terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik fruit leather pisang kepok merah (Musa paradisiaca L.). Penelitian ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari satu faktor yaitu penambahan konsentrasi CMC dengan tujuh taraf perlakuan yaitu 0,3%, 0,4%, 0,5%, 0,6%, 0,7%, 0,8%, 0,9% dengan masing-masing replikasi sebanyak empat kali. Parameter pengujian yang digunakan untuk penelitian meliputi pH, TPT, Aw, Kadar air, warna dan sifat organoleptik (warna, rasa, tekstur). Data yang diperoleh diuji menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dengan α = 5%. Apabila hasil ANOVA menunjukkan adanya beda nyata, maka dilakukan uji lanjutan menggunakna Duncan’s Multipke Range Test (DMRT) dengan α = 5%. Hasil pengujian menunjukkan adanya beda nyata terhadap kadar air yang menunjukkan nilai 14,29-25,98% dan aktivitas air berkisar 0,45-0,71. Nilai lightness berkisar 32,0 – 38,0; nilai °hue berkisar 74,6 – 80,7; nilai chroma berkisar antara 44,7 – 49,0. Perbedaan konsentrasi CMC tidak mempengaruhi warna dan rasa tetapi mempengaruhi tekstur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Suseno, Thomas Indarto Putut
NIDN0707036201
thomasindartoftp@gmail.com
Thesis advisor
Jati, Ignasius Radix Astadi Praptono
NIDN0719068110
radix@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: fruit leather, pisang kepok merah, CMC
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 8805 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2020 14:29
Last Modified: 08 Aug 2020 14:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23075

Actions (login required)

View Item View Item