Pengaruh proporsi pisang Raja (Musa sapientum) dan Stroberi (Fragaria ananassa)terhadap kandungan gizi velva pisang Raja Stroberi dan angka kecukupan gizi

Wijayanti, Ivana (2020) Pengaruh proporsi pisang Raja (Musa sapientum) dan Stroberi (Fragaria ananassa)terhadap kandungan gizi velva pisang Raja Stroberi dan angka kecukupan gizi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (786kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy

Abstract

Pisang adalah salah satu bahan pangan yang banyak ditemukan di Indonesia, salah satunya pisang raja. Pisang raja merupakan contoh pisang yang dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah. Pengolahan pada pisang raja belum variatif, contohnya sebagai bahan pembuatan velva. Velva merupakan campuran dari puree buah, bahan pemanis, dan penstabil yang dibekukan. Namun pemanfaatan pisang raja sebagai bahan dasar velva membuat velva memiliki warna coklat, sehingga perlu disubstitusi dengan stroberi, agar memiliki sifat fisik yang lebih baik. Bahan penstabil yang dapat ditambahkan dalam pembuatan velva, contohnya carboxymethyl cellulose (Na-CMC). Penelitian ini bersifat kualitatif metode studi pustaka untuk mengetahui pengaruh proporsi pisang raja dan stroberi terhadap kandungan gizi (makronutrien, serat, dan mikronutrien) velva pisang raja stroberi dan perbedaan pemenuhan gizi pada kelompok umur dan jenis kelamin (anak-anak (4-9 tahun), remaja (10-18 tahun), dan dewasa (19-49 tahun)) dengan mengkonsumsi velva pisang raja stroberi dengan proporsi pisang raja dan stroberi, 25:75(A1); 50:50 (A2); dan 75:25(A3). Angka kecukupan gizi (AKG) adalah suatu kecukupan rata-rata zat gizi setiap hari bagi semua orang menurut golongan umur, jenis kelamin, ukuran tubuh, aktivitas tubuh untuk mencapai kesehatan yang optimal. Hasil analisa didapatkan komposisi vitamin C, kalsium, seng, tembaga, dan mangan menurun dengan berkurangnya pisang raja, sedangkan karbohidrat, serat, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, dan natrium meningkat. Konstribusi gula terbesar pada perlakuan A3 anak-anak (14,32%). Konstribusi serat terbesar pada perlakuan A3 anak-anak (2,91%). Konstribusi vitamin C terbesar pada perlakuan A1 anak-anak (61,42%). Konstribusi kalium terbesar pada perlakuan A3 anak-anak (10,63%). Konstribusi total terbesar pada perlakuan A3 anak-anak (57,75%)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Utomo, Adrianus Rulianto
NIDN0702126701
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Suseno, Thomas Indarto Putut
NIDN0707036201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Velva, pisang raja, stroberi, proporsi buah, Na-CMC.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 8830 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 02:52
Last Modified: 22 Aug 2020 02:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23070

Actions (login required)

View Item View Item