Pengaruh ukuran perusahaan, intensitas modal, dewan komisaris, dan likuiditas terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manafaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Tjokro, Jessica Devianti (2020) Pengaruh ukuran perusahaan, intensitas modal, dewan komisaris, dan likuiditas terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manafaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf.pdf

Download (517kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf.pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf.pdf

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy

Abstract

Pemungutan pajak yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia bertujuan untuk peningkatkan kesejahteraan Rakyat Indonesia secara merata. Namun, pada kenyataannya pemanfaatan pajak tersebut tidak dapat digunakan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang mengakibatkan perusahaan agak enggan untuk membayar pajak. Oleh karena itu, perusahaan menerapkan strategi perencanaan pajak yang disebut dengan agresivitas pajak. Agresivitas pajak adalah strategi untuk menurunkan beban pajak dengan menggunakan ketentuan yang diperbolehkan menurut peraturan perpajakan ataupun menggunakan kelemahan hukum dalam peraturan perpajakan. Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, intensitas modal, komisaris independen dan likuiditas terhadap agresivitas pajak perusahaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur sub sector bangunan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 perusahaan yang telah ditentukan melalui kriteria yaitu secara berturut-turt mempublikasikan laporan keuangan, menggunakan mata uang rupiah dan mengalami keuntungan sebelum tahun pajak berjalan. Penelitian ini menggunakan program olah data SPSS versi 23 dengan teknik pengumpulan data sekunder dan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji koefisien determinasi menyimpulkan bahwa pengaruh ukuran perusahaan, intensidas modal, komisaris independen dan likuiditas dapat menjelaskan 43% tingkat agresivitas pajak perusahaan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1.) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak 2.) Intensitas modal tidak memiliki pengaruh terhadap agresivitas pajak 3.) Komisaris Independen memiliki pengaruh negatif terhadap agresivitas pajak 4.) Likuiditas memiliki pengaruh negatif terhadap agresivitas pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purwanto, Adriana Marini
NIDN0713067501
marini@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Ukuran perusahaan, intensitas modal, komisaris independen, likuiditas, agresivitas pajak
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Jessica Devianti Tjokro
Date Deposited: 31 Jul 2020 01:57
Last Modified: 03 Aug 2020 15:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22898

Actions (login required)

View Item View Item