Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi pada sistem persediaan bahan baku (Studi kasus pada PT. Indo Tree International)

Louis, Marcellino Hendrawan (2020) Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi pada sistem persediaan bahan baku (Studi kasus pada PT. Indo Tree International). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (965kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Informasi akuntansi adalah faktor yang paling utama bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan. Sistem dibutuhkan untuk membantu agar informasi akuntansi dapat tersipman dengan baik dan secara otomatis. Salah satu informasi yang membutuhkan sistem adalah persediaan bahan baku. Persediaan bahan baku merupakan hal yang paling penting dalam perusahaan. PT. Indo Tree International merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur makanan di Mojokerto. PT Indo Tree International menjadi objek pada penelitian ini. Penelitian berfokus pada sistem persediaan bahan baku yang dimulai dari penerimaan bahan baku hingga pengeluaran bahan baku untuk aktivitaas produksi. Terdapat beberapa masalah pada sistem persediaan bahan baku. Permaslahan pertama yaitu tidak adanya kartu stok persediaan, permasalahan kedua yaitu tidak adanya sistem pengingat ketika persediaan hampir habis, permasalahan ketiga yaitu tidak adanya dokumen pendukung ketika menerima persediaan dari pemasok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang sistem persediaan bahan baku yang terkomputerisasi agar dapat membantu perusahaan dalam mengelola persediaan bahan baku. Teknik analisis yang digunakan yaitu menganalisis sistem persediaan bahan baku dan menentukan kebutuhan perusahaan pada sistem persediaan bahan bakunya. Pada penelitian ini, peneliti menyarankan untuk menggunakan sistem pada penggunaan kartu stok persediaan, serta membuat dokumen laporan penerimaan barang. Dengan adanya penelitian ini diharapkan perusahaan dapat mengalami peningkatan kinerja pada khususnya sistem persediaan bahan baku yang telah dirancang menjadi sistem yang terkomputerisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sari, Dian Purnama
NIDN0730128502
dian-ps@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi, persediaan bahan baku, komputerisasi
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8608 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:08
Last Modified: 30 Jul 2020 03:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22536

Actions (login required)

View Item View Item