Pengaruh metode cerita terhadap performance ballet pada murid Baby Class usia 4-5 tahun di Elles School of Ballet Surabaya

Wibowo, Sri Wahyuni (2004) Pengaruh metode cerita terhadap performance ballet pada murid Baby Class usia 4-5 tahun di Elles School of Ballet Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Pada awal masa anak belajar bermanfaat untuk mencapai berbagai ketrampilan karena anak senang mencoba akan hal-hal baru disekitarnya. Pada dunia anak yang penting dan utama adalah belajar sambil bermain, sehingga anak tidak merasa jenuh atau bosan belajar. Demikian pula dalam berlatih teknik-teknik balet, untuk dapat menampilkan performance ballet terbaik diperlukan adanya suatu metode yang tidak menyebabkan anak merasa bosan. Metode yang dapat membuat belajar menjadi lebih efektif dan mudah diterima adalah dengan memanfaatkan daya imajinasi anak. Oleh karena, penyampaian nilai-nilai yang bersifat rasional akan lebih efektif bila disampaikan melalui proses identifikasi, figurasi dan pemberian model, maka metode penyampaian lewat cerita dapat dilakukan. Performance ballet sebagai suatu seni pertunjukan tarian yang mengandung cerita, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya melalui pengajaran dengan metode bercerita. Pengajaran yang dilakukan dengan bercerita dapat meningkatkan gairah belajar anak dan daya kreativitas anak sehingga performance ballet anak menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh metode bercerita terhadap performance ballet pada anak. Penelitian pre-eksperimental ini menggunakan after only research design. Subjek penelitian adalah murid-murid Elles School of Ballet Surabaya berusia 4 sampai 5 tahun, telah belajar balet selama 6 bulan, dan berada pada tingkat baby class (N=20). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian, yaitu penilaian terhadap 13 aspek performance ballet yang telah dibuat ceritanya untuk pelaksanaan pengajaran dengan metode cerita. Dilakukan uji validitas isi dan reliabilitas inter-observer. Uji validitas isi 13 aspek performance ballet ditentukan melalui pendapat profesional (professional judgement) dalam proses pembuatan ceritanya dengan hasil reliabilitas inter-observernya 5 ,85%. Hasil uji hipotesis beda nilai t(t-test) adalah nilai t=7,458 dengan p=0,000 (p<0,01). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari pengaruh metode cerita terhadap performance ballet pada murid baby class. Disarankan bagi peneliti lanjutan agar meneliti faktor-faktor lain yang kemungkinan juga mempengaruhi performance ballet antara lain seperti kepribadian anak, kostum dan properti yang digunakan dalam metode cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 03:05
Last Modified: 27 May 2015 03:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item