Analisis dan perancangan sistem penjualan kredit terkomputerisasi pada perusahaan dagang alat-alat listrik (Studi kasus pada CV SE)

Lauw, Rensia Augustine (2020) Analisis dan perancangan sistem penjualan kredit terkomputerisasi pada perusahaan dagang alat-alat listrik (Studi kasus pada CV SE). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy

Abstract

CV SE merupakan perusahaan dagang yang mendistribusikan alat-alat listrik seperti lampu, kabel, stop kontak, saklar dan lain-lain. Sebagai distributor yang bergerak dibidang dagang, informasi pada sistem penjualan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Penjualan merupakan salah satu komponen utama dalam proses bisnis agar proses dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Sistem dan prosedur yang baik akan menghasilkan informasi yang akurat bagi penggunanya. Peneliti melakukan analisis pada sistem dan prosedur penjualan CV SE yang memiliki beberapa kekurangan sehingga dapat menimbulkan masalah. Masalah yang pertama adalah kurangnya informasi nomor pesanan penjualan dan tanggal pengiriman dalam pesanan penjualan yang dapat dijadikan sebagai identitas sebuah transaksi. Masalah kedua adalah tidak adanya batas pemberiaan kredit kepada pelanggan. Masalah yang terakhir adalah tidak adanya sistem pengingat piutang pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi siklus penjualan terkomputerisasi pada CV SE. Jenis data penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan sumber data yang diperoleh dari pihak internal perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah rancangan sistem informasi penjualan secara terkomputerisasi, perbaikan prosedur dan dokumen CV SE. Perancangan sistem penjualan ini menggunakan desain dari Microsoft Excel Visual Basic sebagai tampilan interface. Dari hasil penelitian ini, diharapkan CV SE berkenan menerapkan prosedur yang baru serta sistem informasi terkomputerisasi pada sistem penjualannya guna meminimalisir permasalah yang ada dan dapat mengingkatkan kinerja di CV SE.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widyaningdyah, Agnes Utari
NIDN0702047804
agnes-u@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi, sistem penjualan, analisis dan perancangan sistem, microsoft excel visual basic
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8596 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2020 06:40
Last Modified: 24 Jul 2020 06:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22484

Actions (login required)

View Item View Item