Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap pasien di Apotek Slamet Hidup Parang tentang iklan obat sakit kepala di televisi

Octavia, Peni (2020) Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap pasien di Apotek Slamet Hidup Parang tentang iklan obat sakit kepala di televisi. Diploma thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Swamedikasi merupakan suatu usaha untuk mengobati segala keluhan pada diri sendiri dengan obat-obat yang sederhana dan dibeli secara bebas di apotek atau toko obat. Salah satu faktor yang mendorong dan mempengaruhi masyarakat untuk melakukan swamedikasi adalah iklan obat di televisi. Iklan yang dimaksud adalah iklan obat sakit kepala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap pasien yang berkunjung di Apotek Slamet Hidup Parang tentang iklan obat sakit kepala di televisi. Jenis penelitian ini merupakan obserasional dengan rancangan Cross Sectional. Pengambilan data menggunakan kuisioner dengan jumlah responden 127 orang yang dipilih secara Simple Random Sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode Statistik Deskriptif dan Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan pasien tentang iklan obat sakit kepala di televisi termasuk dalam kategori baik sebanyak 71,7%. Sikap pasien tentang iklan obat sakit kepala ditelevisi mempunyai sikap positif sebanyak 89,8%. Sedangkan hasil penelitian pada analisa korelasi yaitu nilai p-value sebesar 0,153≥0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap pasien tentang iklan obat sakit kepala di televisi. Terdapat faktor lain yang mempengaruhi responden dalam memilih obat sakit kepala selain iklan obat di televisi yaitu tingkat pengetahuan keluarga, pengalaman pribadi serta rekomendasi dari teman dan tenaga medis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sumadji, Angga Rahabistara
NIDN0708088701
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: swamedikasi, iklan obat, sakit kepala
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > PSDKU - Pharmacy Diploma Study Program
Depositing User: Users 8457 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2020 04:49
Last Modified: 13 Feb 2023 07:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22378

Actions (login required)

View Item View Item