Konsep masyarakat konsumeris menurut Jean Baudrillard dalam karya the consumer society

Handoyo, Denny Aditya (2020) Konsep masyarakat konsumeris menurut Jean Baudrillard dalam karya the consumer society. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Pada abad ke-20, konsumerisme merupakan salah satu tema yang menarik untuk diperbincangkan dan didiskusikan oleh para filsuf, tokoh-tokoh intelektual, maupun masyarakat, salah satunya Jean Baudrillard. Pada tahun 1970, Baudrillard menerbitkan karya pemikirannya yang mengusung tema konsumerisme dengan judul The Consumer Society. Dalam buku tersebut, Baudrillard menuangkan gagasan-gagasan pemikirannya mengenai masyarakat konsumeris. Selain itu, Baudrillard juga menyampaikan kritik-kritiknya sebagai satu usaha dalam melakukan pembongkaran struktural terhadap konsumerisme dalam masyarakat konsumeris. Gagasan dan kritik Baudrillard terhadap masyarakat konsumeris membuat buku ini begitu berkontribusi bagi teori-teori sosial di kemudian hari. Dalam menuangkan gagasan dan kritiknya terhadap masyarakat konsumeris pada The Consumer Society, Baudrillard dipengaruhi oleh beberapa tokoh: terutama Karl Marx. Meski pemikirannya banyak dipengaruhi oleh Marx, di sini Baudrillard justru memutuskan hubungannya dengan Marx yang memprioritaskan produksi di atas konsumsi. Melalui analisis strukturalnya, Baudrillard berhasil menggeser perhatiannya dari produksi ke konsumsi. Hal inilah yang memampukan Baudrillard membahas konsumsi dan konsumerisme dalam masyarakat konsumeris secara lebih mendalam pada The Consumer Society. Atas dasar ini, penulis tertarik untuk memahami konsep masyarakat konsumeris menurut Jean Baudrillard dalam karya The Consumer Society. Jenis data yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian kulaitatif. Data yang diperoleh penulis untuk menyusun skripsi ini berasal dari studi pustaka, yakni dari karya Jean Baudrillard yang berjudul The Consumer Society sebagai sumber primer dan sumber-sumber sekunder lainnya. Metode yang digunakan oleh penulis dalam meyusun skripsi ini adalah metode hermeneutika untuk membantu penulis dalam memahami pemikiran Jean Baudrillard mengenai konsep masyarakat konsumeris dalam karya The Consumer Society. Adapun tujuan penulis dalam menyusun skripsi ini adalah memenuhi syarat kelulusan Strata Satu (S1) di Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Selain itu, tujuan penulis dalam menyusun skripsi ini adalah memahami konsep masyarakat konsumeris menurut Jean Baudrillard dalam karya The Consumer Society. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa Baudrillard berusaha membuka wawasan para pembaca The Consumer Society terkait konsumerisme. Lebih lanjut, Baudrillard mengajak para pembaca karya tersebut untuk merefleksikan, membicarakan, serta mendiskusikan konsumerisme secara lebih lanjut, sehingga mampu bersikap kritis terhadap konsumerisme. Pertama-tama, Baudrillard menggambarkan situasi masyarakat yang dikelilingi oleh banyaknya objek: barang material dan jasa. Menurut Baudrillard, hasrat untuk mengonsumsi muncul karena manipulasi tanda. Hasrat tersebut muncul karena beberapa sebab, yakni karena sistem kekuatan produktif dan sistem penandaan pada objek melalui media komunikasi massa. Pertama, sistem kekuatan produktif. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berdampak pada sistem atau tatanan produksi serta kehidupan masyarakat. Hal itu terbukti dari penemuan dan perkembangan yang terjadi selama beberapa dasawarsa terakhir pada sistem produksi sehingga mengakibatkan perubahan besar terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong sistem produksi di era kapitalisme sekarang untuk menciptakan sistem kekuatan produkstif di mana kebutuhan masyarakat diproduksi sebagai kekuatan konsumsi. Kedua, sistem penandaan pada objek melalui media komunikasi massa. Kapitalisme sekarang menerapkan proses manipulasi tanda dalam media komunikasi massa. Hal itu dilakukan oleh kapitalisme sekarang untuk menyebarkan informasi-informasi guna mengarahkan masyarakat pada konsumsi atas hasil produksi barang atau jasa. Informasi-informasi yang disampaikan melalui media komunikasi massa tidak lain merupakan tanda-tanda yang terarah pada pembentukan makna tertentu pada masyarakat. Inilah yang kemudian disebut sebagai proses simulasi. Pada tingkat yang lebih akut, simulasi menghasilkan hiperrealitas. Hubungan sistem kekuatan produktif dengan sistem penandaan pada objek melalui media komunikasi massa di era kapitalisme sekarang membuat masyarakat terasing dengan kegiatan konsumsinya. Masyarakat kapitalisme sekarang tidak mengonsumsi objek sebagaimana adanya, mereka mengonsumsi objek karena keterkaitanya dengan keseluruhan pemaknaan yang terkandung di dalam objek tersebut. Demikian, hasrat konsumsi masyarakat kapitalisme sekarang muncul karena manipulasi tanda, bahwa masyarakat mengonsumsi barang atau jasa untuk memenuhi hasrat. Baudrillard menyebut masyarakat kapitalisme sekarang sebagai masyarakat konsumeris, yakni masyarakat yang terbentuk oleh tatanan manipulasi tanda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Filsafat
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hendrawan, Datu
NIDN0728128603
datuhendrawan@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Masyarakat konsumeris, sistem produksi, sistem penandaan, petanda, penanda, dan objek.
Subjects: Philosophy
Divisions: Faculty of Philosophy > Philosophy Science Study Program
Depositing User: Denny Aditya Handoyo
Date Deposited: 15 Jul 2020 02:49
Last Modified: 15 Jul 2020 02:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22341

Actions (login required)

View Item View Item