Efektivitas emulgel kombinasi ekstrak golden stichopus variegatus dan allium sativum pada gangren tikus putih dengan pengamatan PMN, MONOSIT dan MAKROFAG

Jayanti, Novita Tri (2020) Efektivitas emulgel kombinasi ekstrak golden stichopus variegatus dan allium sativum pada gangren tikus putih dengan pengamatan PMN, MONOSIT dan MAKROFAG. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Gangren merupakan suatu komplikasi yang ditimbulkan akibat infeksi atau suatu proses peradangan luka pada tahap lanjut yang disebabkan karena perubahan degeneratif yang dikaitkan dengan penyakit diabetes melitus. Teripang emas mempunyai kandungan cell growth factor (CGF), salah satu komponennya adalah vascular endothelial growth factor (VEGF). Bawang putih memiliki kandungan allisin sebagai antibakteri sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemberian sediaan emulgel kombinasi ekstrak teripang emas dan bawang putih terhadap penyembuhan luka gangren pada tikus putih melalui pengamatan jumlah PMN, monosit dan makrofag. Uji efektivitas sediaan dilakukan pada 24 ekor tikus putih jantan (Rattus novergicus) galur Wistar yang dibagi 4 kelompok perlakuan yaitu kontrol negatif (basis emulgel), P1 (emulgel ekstrak teripang emas), P2 (emulgel kombinasi ekstrak teripang emas dan bawang putih), kontrol positif (Betason-N). Parameter jumlah sel PMN, monosit dan makrofag diamati secara mikroskopis pada hari ke-7 dan hari ke-14 dengan mikroskop perbesaran 400 kali. Data dianalisis statistik dengan menggunakan metode One way ANOVA yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emulgel kombinasi ekstrak teripang emas dan bawang putih dapat menurunkan jumlah sel PMN pada hari ke-14 (4,00a±3,00), monosit (6,67a ± 0,58) dan makrofag (6,33a±1,53) jika dibandingkan dengan kontrol negatif jumlah sel PMN (9,33b±2,52), monosit (16,33b±1,53) dan makrofag (14,33b±2,31). Hasil ini tidak berbeda bermakna dengan kelompok kontrol positif. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa emulgel kombinasi ekstrak teripang emas dan bawang putih efektif dalam menyembuhkan luka gangren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hamid, Iwan Syahrial
NIDN0013076801
kelana_dawley68@yahoo.com
Thesis advisor
Hendriati, Lucia
NIDN0707107102
luciahendriati@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Ekstrak teripang emas, bawang putih, PMN, monosit, makrofag
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 8339 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2020 06:04
Last Modified: 08 Jul 2020 06:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22105

Actions (login required)

View Item View Item