Studi penggunaan antibiotik pada pasien penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) eksaserbasi akut di Instalasi Rawat Inap RSUD Kabupaten Sidoarjo

Nurlaili, Feftin (2020) Studi penggunaan antibiotik pada pasien penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) eksaserbasi akut di Instalasi Rawat Inap RSUD Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (989kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy

Abstract

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah penyakit pada paru yang ditandai dengan gejala pernapasan persisten dan keterbatasan aliran udara yang disebabkan oleh saluran napas dan atau kelainan alveolar yang biasanya disebabkan oleh paparan signifikan terhadap partikel atau gas yang berbahaya. Eksaserbasi merupakan perburukan gejala pernapasan yang dapat dipicu oleh infeksi virus, infeksi bakteri ataupun faktor lingkungan seperti polusi. Terapi farmakologis untuk PPOK eksaserbasi akut terdiri dari bronkodilator, kortikosteroid dan antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan antibiotik dan melakukan evaluasi penggunaan antibiotik dengan metode gyssens pada pasien PPOK eksaserbasi akut di instalasi rawat inap RSUD Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bersifat observasional dengan pengumpulan data secara retrospektif dengan menggunakan 36 rekam medis pasien PPOK eksaserbasi akut selama Januari 2019-Desember 2019 dengan penyajian data secara deskriptif. Hasil penelitian, antibiotik yang digunakan antara lain antibiotik tunggal golongan sefalosporin (sefepim, seftazidim, sefoperazon, seftriakson), makrolida (Azitromisin), kuinolon (Levofloksasin, Moksifloksasin) dan kombinasi golongan beta laktam-inhibitor beta laktamase (Ampisilin Sulbaktam), sefalosporin-inhibitor beta laktamase (Sefoperazon Sulbaktam). Penggunaan antibiotik pada pasien PPOK eksaserbasi akut di RSUD Kabupaten Sidoarjo 11,91% kategori IIIA (penggunaan antibiotik tidak tepat karena terlalu lama), 14,29% kategori IIIB (penggunaan antibiotik tidak tepat karena terlalu singkat), 9,52% kategori IVA (terdapat antibiotik yang lebih efektif), 4,76% kategori IVC (terdapat antibiotik yang lebih murah) dan 59,52% kategori V (tidak ada indikasi penggunaan antibiotik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Kasih, Elisabeth
NIDN0719048801
Elisabethkasih@gmail.com
Thesis advisor
Azizah, Novianti
NIDK19851107200012023
noviantiazizah.85@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Antibiotik, PPOK, eksaserbasi akut, rawat inap, gyssens
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 8340 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2020 06:10
Last Modified: 26 Jun 2020 06:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21895

Actions (login required)

View Item View Item