Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan pajak penghasilan badan terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Amilia, Ika Oktana (2020) Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan pajak penghasilan badan terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catolic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Suatu perusahaan mempunyai beberapa aspek penting dalam menjalankan usahanya, salah satunya yaitu aspek keuangan. Faktor utama yang dapat mempengaruhi struktur modal adalah profitabilitas, ukuran perusahaan dan pajak penghasilan badan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan pajak penghasilan terhadap struktur modal. Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Metode pengumpulan data menggu nakan metode dokumentasi. Sampel penelitian ini yaitu 58 perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Sampel penelitian diperoleh dari teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2016-2018 karena naik-turunnya profitabilitas tidak diikuti oleh perubahan struktur modal. Sementara itu ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2016-2018 karena besar-kecilnya ukuran perusahaan tidak diikuti dengan adanya perubahan struktur modal. Sedangkan penghasilan berpengaruh positif terhadap struktur modal perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2016-2018 karena naik-turunnya pajak penghasilan diikuti oleh adanya perubahan struktur modal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rahardjo, Hartono
NIDN8885560018
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartanto, Susanna
NIDN0731058104
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pajak Penghasilan, Struktur Modal
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: ika Oktana
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:32
Last Modified: 24 Mar 2020 04:35
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21647

Actions (login required)

View Item View Item