Dampak merger home dan host country pada pengaruh risiko terhadap abnormal returm saham (Studi pada perusahaan Indonesia setelah melakukan merger dan akuisisi)

Hartanto, Meliana (2020) Dampak merger home dan host country pada pengaruh risiko terhadap abnormal returm saham (Studi pada perusahaan Indonesia setelah melakukan merger dan akuisisi). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 + DAPUS.pdf

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Merger dan akuisisi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya. Dampak yang ditimbulkan oleh merger dan akuisisi akan dillihat berdasarkan abnormal return, risiko dan pertumbuhan volume perdagangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak merger home dan host country terhadap hubungan risiko pada abnormal return. Penelitian ini ingin melihat bagaimana risiko mempengaruhi perbedaan antara actual return dan expected return yang diterima oleh investor. Variabel dependen yang digunakan adalah abnormal return dan variabel independent yang digunakan adalah risk. Sedangkan untuk variabel moderasi yang digunakan adalah negara asal merger dan variabel kontrol yang digunakan adalah volume perdagangan. Sampel penelitian yang digunakan adalah 115 perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi tahun 2011 – 2018. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko berpengaruh terhadap abnormal return. Hal ini mengimplikasikan ketika risiko meningkat, maka abnormal return juga meningkat. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa abnormal return perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi antar negara tidak memiliki perbedaan dengan perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi dalam satu negara. Hasil penelitian ketiga menunjukkan bahwa perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi antar negara tidak mempengaruhi hubungan antara risiko terhadap abnormal return. Karena terjadi persaingan yang sengit dalam pasar, melakukan merger dan akuisisi antar negara tidak akan menjadi informasi penting bagi investor sehingga tidak memberikan perbedaan antara actual return dan expected return (abnormal return).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Susilawati, Cicilia Erna
NIDN0327037303
erna-s@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Martono, Cyrillius
NIDN0706076302
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Merger dan akuisisi, abnormal return, risiko, volume perdagangan, home dan host country
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8022 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:21
Last Modified: 28 Jan 2020 07:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21165

Actions (login required)

View Item View Item