Pengaruh market activity, struktur kepemilikan, dan kinerja keuangan terhadap internet financial reporting

Gunadi, Febiana (2020) Pengaruh market activity, struktur kepemilikan, dan kinerja keuangan terhadap internet financial reporting. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (722kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy

Abstract

Setiap mendirikan perusahaan mempunyai tujuan utama yaitu memperoleh keuntungan. Tujuan tersebut dicapai dengan bantuan dua pihak yaitu manajemen serta investor dan pemilik perusahaan. Pelaksanaan tanggungjawab yang diberikan ditunjukkan manajemen dengan menghasilkan financial reporting yang disusun menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Seiring berkembangnya teknologi internet setiap perusahaan diwajibkan untuk melaporkan financial reporting melalui website (internet). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh market activity, struktur kepemilikan dan kinerja keuangan terhadap internet financial reporting. Variabel independen yang digunakan adalah market activity, struktur kepemilikan (kepemilikan keluarga, kepemilikan pemerintah, dan kepemilikan asing), dan kinerja keuangan. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan dan growth. Variabel dependen pada penelitian ini adalah internet financial reporting. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang berupa laporan keuangan dan non-keuangan yang terdapat didalam website resmi masing-masing perusahaan. Objek penelitian adalah perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel independen kepemilikan pemerintah yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap internet financial reporting, namun untuk kepemilikan keluarga dan kepemilikan asing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap internet financial reporting, sementara untuk variabel independen market activity dan kinerja keuangan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap internet financial reporting. Dapat disimpulkan semakin banyak kepemilikan saham pemerintah dapat menuntut perusahaan khususnya manajer untuk melaporkan kondisi perusahaan yang sesungguhnya melalui website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Handoko, Teng Jesica
NIDN0723037704
smallbink@yahoo.com
Uncontrolled Keywords: market activity, kepemilikan keluarga, kepemilikan pemerintah, kepemilikan asing, kinerja keuangan, ukuran perusahaan, growth, dan internet financial reporting.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7974 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:17
Last Modified: 28 Jan 2020 02:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21126

Actions (login required)

View Item View Item