Pengaruh dewan komisaris, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap restatement

Soegiharto, Sesilia Wulan (2019) Pengaruh dewan komisaris, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap restatement. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji secara empiris pengaruh dari dewan komisaris, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap restatement. Restatement sendiri diproksikan dengan menggunakan variabel dummy, sedangkan variabel independen penelitian yaitu dewan komisaris diproksikan dengan independensi dewan komisaris, komite audit diproksikan dengan proporsi anggota ahli keuangan atau akuntansi di dalam komite audit, kepemilikan manajerial diproksikan dengan proporsi kepemilikan saham oleh manajemen (karyawan maupun anggota dewan) perusahaan, dan kepemilikan institusional diproksikan dengan proprosi kepemilikan saham oleh investor institusional. Penelitian ini juga menambahkan tiga variabel kontrol yaitu leverage, profitabilitas, dan size perusahaan. Objek penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 hingga 2018. Data penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan, dimana sampel perusahaan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari pemilihan sampel yang ada diperoleh sebanyak 505 sampel perusahaan yang berupa laporan keuangan perusahaan. Analisis data dari penelitian ini sendiri menggunakan regresi logistik, dimana berdasarkan pengujian yang ada diperoleh hasil bahwa dewan komisaris, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap restatement. Leverage, profitabilitas, dan size perusahaan yang berperan sebagai variabel kontrol penelitian juga tidak berpengaruh terhadap restatement. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keberadaan dewan komisaris, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional tidak dapat membantu perusahaan untuk mencegah terjadinya restatement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wardani, Radenrara Puruwita
NIDN0727107805
puruwita@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Ludji, Theodorus Radja
NIDN0705039101
theodorusradja@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Restatement, Dewan Komisaris, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Leverage, dan Size perusahaan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7948 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:54
Last Modified: 06 Feb 2020 10:33
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21030

Actions (login required)

View Item View Item