Laporan Kerja Praktek PT.Untung Bersama Sejahtera 29 Juli-24 September 2019

Susanti, Yuni Dewi and Wijaya, Jenifer (2019) Laporan Kerja Praktek PT.Untung Bersama Sejahtera 29 Juli-24 September 2019. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB VIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB IX (1).pdf

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy

Abstract

PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS), Surabaya merupkana salah satu perusahaan perhiasan yang cukup besar di Indonesia. PT. UBS memproduksi perhiasan emas berupa kalung, gelang, cincin, dan anting-anting. Produk tersebut dihasilkan dengan bahan baku emas batangan 23k dan 24k yang diperoleh dari supplier dan konsumen. Produk yang dihasilkan oleh PT. UBS dikirimkan ke pasar lokal dan juga internasional. Proses utama di departemen FC secara garis besar dibagi menjadi 3, yaitu proses SPH, SPW, dan HCU. Pada proses pewarnaan ini, perhiasan akan melalui beberapa tahap sebelum masuk ke proses utama. Proses-proses tersebut antara lain penegcekan di ADM awal dan QC awal, penataan perhiasan pada proses pengejigan, proses pencucian awal, serta proses degreasing. Pada proses utama SPH, perhiasan akan disepuh 1 warna dengan metode sel galvani. Warna perhiasan yang tersedia di proses sepuh yaitu kuning emas, putih, dan hitam. Sedangkan proses SPW adalah proses pewarnaan dengan warna lebih dari 1. Proses ini ditujukan untuk perhiasan yang memerlukan proses pewarnaan yang lebih detail. Prosesnya pun dibagi menjadi 2, yaitu proses brush dan enamel. Brush sendiri memiliki sistem yang sama dengan SPH, yaitu dengan menggunakan metode sel galvani, namu menggunakan alat berupa pen brush. Sedangkan enamel, merupakan proses mewarnai perhiasan denga menggunakan cat enamel. Proses HCU sendiri menggunakan sistem dasar yang sama dengan SPH, namun setelah dilakukan proses sepuh 1 warna, perhiasan disepuh kembali dengan tembaga. Setelah proses pewarnaan selesai, perhiasan akan di-coating dan dioven, kemudhian akan dicek di bagian QC akhir. Utilitas yang digunakna berupa penyediaan air dan listrik. Limbah dari PT. UBS, khususnya departemen FC akan di-recovery untuk mengambil emas yang terbuang. Selain itu, untuk limbah yang mengandung logam lainnya, PT. UBS memiliki departeman IPAL yang akan mengolah limbah produksi agar tidak berbahaya bagi lingkungan sekitar. Tugas khusus yang diberikan adalah pengolahan limbah cair sepuh putih untuk dijadikan larutan rhodium sulfat yang dapat digunakan kembali. Pada percobaan ini, dilakukan 3 proses utama untuk mendapatkan larutan rhodium sulfat yaitu penyesuaian kondisi optimum untuk adsorpsi ion rhodium dalam limbah sepuh putih, adsorpsi ion rhodium, dan elusi ion rhodium menggunakan asam sulfat.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ismadji, Suryadi
NIDN0721126901
suryadiismadji@gmail.com
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Yuni Dewi Susanti
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:57
Last Modified: 06 Feb 2020 02:57
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20889

Actions (login required)

View Item View Item