Validasi metode analisis sildenafil sitrat, tadalafil, dan parasetamol dalam obat tradisional penambah stamina secara KLT-Densitometri

Wijaya, Sandyawan (2019) Validasi metode analisis sildenafil sitrat, tadalafil, dan parasetamol dalam obat tradisional penambah stamina secara KLT-Densitometri. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK R.pdf

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 R.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy

Abstract

Obat tradisional yang ada di Indonesia telah melalui sejarah yang panjang dan dikenal sejak dahulu. Berdasarkan Public Warning yang dikeluarkan oleh BPOM terdapat banyak obat tradisional penambah stamina yang mengandung sildenafil sitrat, tadalafil, dan parasetamol secara tidak rasional. Penelitian ini dilakukan karena masih belum ada metode yang dapat digunakan untuk memisahkan sildenafil sitrat, tadalafil, dan parasetamol sekaligus. Untuk dapat mengidentifikasi sildenafil sitrat, tadalafil, dan parasetamol dengan baik maka validasi perlu dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan metode KLT – Densitometri menggunakan eluen n-heksan : etil asetat : metanol (7:8:1 v/v/v) yang telah diuji selektivitasnya sebagai fase gerak dengan panjang gelombang 240 nm. Hasil Rf yang didapat untuk sildenafil ialah 0,24, untuk tadalafil ialah 0,53, dan untuk parasetamol ialah 0,35. Hasil yang didapat dari parameter Rs yang didapat, ketiganya berada diatas 1,5 dan memenuhi spesifikasi. Pada penelitian ini juga dilakukan uji batas deteksi (LOD) untuk mengetahui batas jumlah kandungan minimum yang dapat terdeteksi oleh metode yang digunakan. Nilai LOD yang didapat pada penelitian ini ialah 0,70 mg/600mg sampel untuk sildenafil, 0,20 mg/600 mg sampel untuk tadalafil, dan 0,17 mg/600 mg sampel untuk parasetamol. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan merupakan 10 obat tradisional yang beredar di pasaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk memperoleh kondisi pemisahan yang optimum, dengan spesifik dan sensitif. Hasil densitometri pada sampel-sampel yang digunakan pada penelitian ini terdapat 7 sampel yang mengandung sildenafil sitrat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Setiawan, Henry Kurnia
NIDN0721027101
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sukarti, Emi
NIDN0006065202
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Validasi, Identifikasi, Sildenafil, Tadalafil, Parasetamol
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 7868 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:32
Last Modified: 27 Jan 2020 02:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20863

Actions (login required)

View Item View Item