Perbedaan derajat insomnia pada lansia di Griya Santo Yosef dan Panti Surya sebelum dan sesudah pemberian aromaterapi lavender

Maharani, Sagung Putri (2019) Perbedaan derajat insomnia pada lansia di Griya Santo Yosef dan Panti Surya sebelum dan sesudah pemberian aromaterapi lavender. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Proses penuaan yang dialami oleh lansia akan menyebabkan penurunan fungsi fisiologis, salah satunya penurunan kebutuhan dan kualitas tidur pada lansia yang membuat lansia mengalami gangguan tidur, yaitu insomnia. Penanganan insomnia pada lansia dapat dilakukan secara farmakologi maupun non-farmakologi. Salah satu contoh terapi non-farmakologi yaitu terapi relaksasi berupa pemberian aromaterapi lavender yang dapat membantu menangani kondisi insomnia yang dialami oleh para lansia. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan derajat insomnia sebelum dan sesudah pemberian aromaterapi lavender pada lansia. Metode : Penelitian ini menggunakan desainpenelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Consecutive Sampling, yaitu mengambil sampel yang sesuai atau memenuhi kriteria inklusi dan tidak termasuk dalam kriteria eksklusi hingga besar minimum sampel terpenuhi. Uji statistika yang digunakan adalah Uji Chi-Square. Hasil :Analisis perbedaan derajat insomnia sebelum dan sesudah pemberian aromaterapi dengan menggunakan uji statistik Chi-Square didapatkan nilai p=0,000 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan pada derajat insomnia lansia sebelum dan sesudah pemberian aromaterapi. Pada kelompok perlakuan terdapat 14 responden dengan insomnia ringan dan 7 responden dengan insomnia berat. Setelah dilakukan perlakuan didapatkan hasil 14 responden menjadi tidak insomnia dan 7 responden menjadi insomnia ringan. Pada kelompok kontrol tidak terdapat penurunan derajat insomnia hanya berupa penurunan skor. Simpulan : pada lansia yang memperoleh perlakuan pemberian aromaterapi lavender selama 1 minggu alami penurunan derajat insomnia dari berat menjadi ringan dan yang ringan menjadi tidak insomnia, namun pada lansia yang hanya diberikan placebo tidak alami penurunan derajat hanya penurunan skor insomnia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kedokteran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hadi, Wiyono
NIDN0710056601
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Mellow, Pretty Sun
NIDN0721017901
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lansia, insomnia, aromaterapi lavender
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Users 7742 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:08
Last Modified: 17 Feb 2020 06:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20703

Actions (login required)

View Item View Item