Pengembangan lembar kerja peserta didik model Problem Based Learning pada pokok bahasan Fluida Statis untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar di SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Sabon, Veronica Erwinda (2020) Pengembangan lembar kerja peserta didik model Problem Based Learning pada pokok bahasan Fluida Statis untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
cover- daftar lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik pada pokok bahasan Fluida Statis dengan model Problem Based Learning. Implementasilembar kerja peserta didik yang dikembangkan bersama dengan perangkat pembelajaran yang mendukung diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan untuk mempraktikkan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model penelitian ADDIE. Selain lembar kerja peserta didik, rencana pelaksanaan pembelajaran dan rencana evaluasi juga dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli. Hasil dari validasi menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan rencana evaluasi sangat valid dengan skor masing-masing 3,6, 3,8, dan 3,6 (skor maks: 4,0). Lembar kerja peserta didik dan perangkat pembelajaran pendukung diimplementasikan kepada 27 peserta didik kelas XI di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran mendapatkan skor 3,1 dengan kategori sangat baik dari skor maksimum: 4,0. Soal pre-test dan post-test digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik meningkat yang dilihat dari N-gain sebesar 0,5 dengan kategori cukup. Selain itu, keterampilan proses sains peserta didik juga dapat diamati dengan baik pada saat proses pembelajaran berlangsung dan mendapatkan skor sebesar 3,1 dari skor maksimum 4,0. Kesimpulannya, menurut analisis data yang didapat, penerapan lembar kerja peserta didik dengan model pembelajaran problem based learning dapat melatih keterampilan proses sains siswa dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Winata, Soegimin Wahyu
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja peserta didik, problem based learning, hasil belajar, keterampilan proses sains, fluida statis
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7711 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 05:30
Last Modified: 23 Jan 2020 05:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20669

Actions (login required)

View Item View Item