Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan usaha dan pesawat sederhana untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMPK Santa Agnes Surabaya

Mancit, Kristo Paoloan (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan usaha dan pesawat sederhana untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMPK Santa Agnes Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPK Santa Agnes Surabaya. Perangkat pembelajaran terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik dan Rencana Evaluasi yang telah melewati uji ahli dan telah diujicobakan kepada 27 peserta didik Kelas VIII B SMPK Santa Agnes Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Thiagarajan, dkk, 1974). Model 4-D meliputi define, design, development, disseminate. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah dievaluasi oleh ahli. Skor hasil validasi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Rencana Evaluasi, masing-masing adalah 3.33, 3.34, 3.35, 3.30, dan 3.25, seluruhnya dapat dikategorikan memiliki kualitas yang baik. Nilai rata-rata N-gain dari membandingkan pre-test dan post-test adalah 0,70, yang dapat diinterpretasikan sebagai peningkatan sedang. Berdasarkan isian kuesioner, peserta didik memberikan respon sangat positif pada implementasi STAD dalam pembelajaran fisika. Rata-rata 87.25% respon peserta didik adalah positif. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji lapangan, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mendapatkan respon sangat positif dari para peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Untung, G. Budijanto
NIDN0716105401401
budijanto@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Student Team Achievement Divisions (STAD), Usaha dan Pesawat Sederhana, Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7707 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 03:47
Last Modified: 23 Jan 2020 03:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20626

Actions (login required)

View Item View Item