Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model siklus belajar 5E pokok bahasan fluida Statis untuk meningkatkan hasil belajar di SMA Dr. Soetomo Surabaya

Anggraeni, Femi (2020) Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model siklus belajar 5E pokok bahasan fluida Statis untuk meningkatkan hasil belajar di SMA Dr. Soetomo Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai seorang guru profesionalisme sangat penting. Sesuai dengan kurikulum 2013 yang menuntut peserta didik untuk aktif sementara guru berperan sebagai fasilitator. Siklus belajar 5E terdiri dari Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation. Siklus belajar 5E merangsang peserta didik untuk aktif dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini, penulis mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan model siklus belajar 5E. Selain LKPD, perangkat pembelajaran yang menunjang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE). Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Pada tahap pengembangan perangkat pembelajaran divalidasi oleh dua validator ahli. LKPD, RPP dan RE dikategorikan sangat valid dengan skor masing-masing 3,53, 3,68 dan 3,99 (skala max 4). Pada tahap implementasi perangkat pembelajaran di ujicobakan pada peserta didik kelas XI-Mipa 3 SMA Dr. Soetomo Surabaya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilaksanakan dengan sangat baik dengan nilai 3,99 (skala max 4). Dapat diartikan bahwa proses pembelajaran dilakukan dengan sangat baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan. Setelah implementasi LKPD berbasis Siklus Belajar 5E, hasil belajar peserta didik meningkat secara signifikan. Skor perolehan N-Gain yang dihitung dari skor sebelum dan sesudah tes adalah 0,74, yang dapat dikategorikan tinggi. Selain itu, respons peserta didik terhadap proses pembelajaran juga baik, nilai respons peserta didik adalah 3,14 (dari 4). Kesimpulannya, lembar kerja siswa berbasis 5E Learning Cycle yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar pada topik fluida statis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
., Herwinarso
NIDN0702066202
herwinarso@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Siklus Belajar 5E, Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7702 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 06:30
Last Modified: 23 Jan 2020 06:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20620

Actions (login required)

View Item View Item