Pengaruh komunikasi informasi dan edukasi (KIE) terhadap tingkat pengetahuan pasien pediatri penyakit diare di Puskesmas "X" wilayah Surabaya Timur

Missa, Margareta Maria Alacoque (2019) Pengaruh komunikasi informasi dan edukasi (KIE) terhadap tingkat pengetahuan pasien pediatri penyakit diare di Puskesmas "X" wilayah Surabaya Timur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (831kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih sering menjadi Kejadian Luar Biasa ( KLB ) karena dapat menyebabkan kematian. Penyebab utama kematian diare adalah dehidrasi akibat kehilangan cairan dan elektrolit melalui feses atau defekasi. Penyakit diare masih menjadi masalah global dengan derajat kesakitan dan kematian yang tinggi di berbagai negara terutama di negara berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) terhadap tingkat pengetahuan pengasuh pasien penyakit diare di Puskesmas “X” Wilayah Surabaya Timur periode Mei hingga Agustus 2019. Penelitian bersifat deskriptif dan Analisis metode paired sample T test dengan pengambilan data secara purposive sampling. Sumber data adalah pengasuh dari pasien pediatri penyakit diare dengan rentang usia 0-17 tahun. Hasil penelitian dari 40 responden yang memenuhi kriteria inklusi, yaitu jumlah responden berjenis kelamin laki-laki (7,5%) dan perempuan (92,5%), sebagian besar berusia 31-35 tahun (47,5%) dan 25-30 tahun (27,5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 40 responden yang memenuhi kriteria inklusi sebelum KIE diperoleh tingkat pengetahuan baik (15%), tingkat pengetahuan cukup (77 %) , dan tingkat pengetahuan kurang sebesar (7,5%). Sesudah KIE diperoleh tingkat pengetahuan baik (75%), dan tingkat pengetahuan cukup (25%). Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan pemberian Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) terhadap pengasuh pasien pediatri penyakit diare yang dilakukan di puskesmas “X” Wilayah Surabaya Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Surdijati, Siti
NIDN9907158533
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan, diare, KIE, pengasuh pasien.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 7678 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:58
Last Modified: 23 Jan 2020 04:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20546

Actions (login required)

View Item View Item