Efektivitas penerapan body mapping dengan media boneka tangan terhadap pemahaman seksualitas pada anak usia dini di TKK Kristus Raja Surabaya

Philip, Robert (2019) Efektivitas penerapan body mapping dengan media boneka tangan terhadap pemahaman seksualitas pada anak usia dini di TKK Kristus Raja Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (811kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini bukanlah hal yang tabu dan bukan pula hal yang harus dialihkan atau ditutupi. Mengingat maraknya pelecehan seksual dan kekerasan seksual (child abuse) yang menimpah anak patut menjadi perhatian bagi semua kalangan. Pendidikan seks adalah upaya pengajaran, penyadaran, dan pemberian informasi tentang seksualitas. Informasi tentang seksualitas yang diberikan pada anak usia dini di antaranya pengetahuan tentang bagian-bagian tubuh mana saja yang disebut bagian tubuh pribadi, perbedaan alat kelamin laki-laki dan perempuan, mengajarkan konsep sentuhan, mengajarkan anak bagaimana harus merespon ketika berada dalam kondisi yang melibatkan bagian tubuh pribadi mereka, memahami budaya berpakaian yang baik, dan memahami cara merawat atau membersihkan tubuh. Pendidikan seks sangat penting diberikan sejak dini. Pengetahuan tentang seks pada anak-anak dapat mencegah terjadinya penyimpangan seksual pada anak. Pendidikan seks pada anak juga dapat mencegah agar anak tidak menjadi korban pelecehan seksual, dengan dibekali pengetahuan tentang seks, mereka menjadi mengerti perilaku mana yang tergolong pelecehan seksual. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Jumlah subyek yang ada dalam penelitian ini sebanyak 28 anak. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes kemampuan dasar atau tes prestasi. Hipotesa penelitian diterima karena ada perbedaan sebelum dan sesudah penerapan body mapping dengan media boneka tangan terhadap pemahaman seksualitas anak usia dini di TKK Kristus Raja. Penerapan body mapping melalui cerita panggung boneka sebagai media penyampaian materi terbukti dapat mengembangkan pemahaman anak usia dini terkait seksualitasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Prasetyo, Eli
NIDN0726068203
eli@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pendidikan seks, anak usia dini, panggung boneka, body mapping
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 7562 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2020 04:14
Last Modified: 29 Jan 2020 04:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20296

Actions (login required)

View Item View Item