Formulasi Sediaan Krim Pelembab Ekstrak Air Buah Semangka (Citrullus lanatus)

Ekayanti, Ni Luh Putu Serly, Darsono, Farida Lanawati and Wijaya, Sumi (2019) Formulasi Sediaan Krim Pelembab Ekstrak Air Buah Semangka (Citrullus lanatus). Jurnal Farmasi Sains dan Terapan, 6 (1). pp. 36-43. ISSN 2338-8404

[thumbnail of Formulasi Sediaan Krim Pelembab Ekstrak Air Buah Semangka (Citrullus lanatus)]
Preview
Text (Formulasi Sediaan Krim Pelembab Ekstrak Air Buah Semangka (Citrullus lanatus))
19-Formulasi_Sediaan_Krim_Pelembab_.pdf

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of Formulasi Sediaan Krim Pelembab Ekstrak Air Buah Semangka (Citrullus lanatus)]
Preview
Text (Formulasi Sediaan Krim Pelembab Ekstrak Air Buah Semangka (Citrullus lanatus))
8-Formulasi_sediaan_krim_Hasil_cek_similarity_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Formulasi Sediaan Krim Pelembab Ekstrak Air Buah Semangka (Citrullus lanatus)] Text (Formulasi Sediaan Krim Pelembab Ekstrak Air Buah Semangka (Citrullus lanatus))
8-R1&2-Formulasi_sediaan_krim_peer_review_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buah semangka merupakan buah tropis yang kaya akan kandungan karbohidrat jenis gula-gulaan yaitu sukrosa, glukosa dan fruktosa yang dapat berfungsi untuk melembabkan kulit. Adanya kandungan karotenoid seperti lycopene yang dapat berfungsi sebagai antioksidan pada buah semangka juga dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas. Pelembab (moisturizer) merupakan sediaan yang digunakan untuk memperbaiki kulit yang kering. Sediaan ini dapat menurunkan Trans Epidermal Water Loss (TEWL) dengan membentuk lapisan lemak tipis di permukaan kulit sebagai barier dan mengembalikan kelembutan kulit. Ekstrak buah semangka pada penelitian ini diformulasikan menjadi sediaan krim pelembab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak buah semangka terhadap mutu fisik, efektivitas, keamanan, aseptabilitas dan stabilitas sediaan krim pelembab. Pada penelitian ini, ekstrak yang digunakan berupa perasan buah segar yang dikentalkan dengan thermostat waterbath suhu ≤ 800C. Konsentrasi ekstrak buah semangka yang digunakan adalah 10% (Formula 1), 20% (Formula 2) dan 30% (Formula 3). Evaluasi sediaan yang dilakukan meliputi uji mutu fisik; uji efektivitas; uji keamanan; uji aseptabilitas dan uji stabilitas fisik sediaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan konsentrasi ekstrak kental buah semangka berpengaruh secara signifikan (P<0,05) terhadap organoleptis, pH, viskositas, daya sebar, daya lekat, daya tercucikan air, daya melembabkan, aktivitas antioksidan dan aseptabilitas. Sediaan yang terbaik adalah sediaan dengan konsentrasi ekstrak 30% (Formula 3).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Antioksidan, Citrullus lanatus, Krim pelembab, Sukrosa.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:05
Last Modified: 16 Aug 2021 03:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20209

Actions (login required)

View Item View Item