Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar kelas X MIPA 3 SMA Dr. Soetomo Surabaya pada pokok bahasaan usaha dan energi

Novanti, Gradiana (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar kelas X MIPA 3 SMA Dr. Soetomo Surabaya pada pokok bahasaan usaha dan energi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar (BA), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran diujicobakan di kelas X MIPA 3 SMA Dr. Soetomo Surabaya. Hasil validasi perangkat pembelajaran silabus memperoleh skor 3,58 dengan kategori “sangat valid”, RPP 3,32 dengan kategori “valid”, Buku Ajar 3,13 dengan kategori “valid”, LKPD 3,06 dengan kategori “valid”, dan Rencana Evaluasi 3,25 dengan kategori “valid”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,90 dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,70 dengan kategori “sedang” dan persentase respon peserta didik adalah 80% dengan kategori “sangat positif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika pokok bahasan usaha dan energi dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Dr. Soetomo Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, TPS, usaha dan energi, hasil belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7274 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 05:27
Last Modified: 07 Aug 2019 05:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19239

Actions (login required)

View Item View Item